Hama Belalang di Sumba Serang Pakan Ternak


Pertanianku –  Ribuan hama belalang menyerang lahan pertanian di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gerombolan hama ini menjadi momok menakutkan warga dan petani di daerah tersebut. Pascamenyerang lahan pertanian, ribuan hama belalang tersebut berpindah ke padang-padang penggembalaan dan menyerang pakan ternak di daerah setempat.

“Dalam beberapa hari ini, hama belalang sudah tidak lagi menyerang tanaman pertanian, tetapi mulai berpindah ke padang-padang serta menghabiskan rumput-rumput dan tanaman yang menjadi pakan ternak,” kata Bupati Sumba Timur, Gidion Mbiliyora, belum lama ini seperti mengutip Antara (4/7).

Sang Bupati mengatakan bahwa gerombolan hama belalang ini berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain mengikuti arah angin.

“Gerombolan hama belalang terbang mengikuti arah angin, sehingga wilayah mana dengan kecepatan angin kecang, maka akan menjadi sasaran empuk hama belalang,” jelas Gidion.

Lebih lanjut Gidion menambahkan, status kejadian luar biasa (KLB) atas serangan hama belalang terhadap tanaman pertanian di wilayah itu masih tetap berlaku. “Status KLB ini tetap berlaku agar semua pihak, mulai pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat bersatu padu dalam melakukan tindakan penanganan pencegahan di lapangan,” katanya.

“Coba bayangkan, kalau satu ekor belalang bisa memproduksi 250 ribu butir telur dengan setahun empat kali bertelur. Bila tidak dilakukan penanganan segera mungkin, maka kejadian akan lebih buruk untuk daerah ini,” ucapnya lagi.

Gidion mengatakan, ratusan hektare tanaman pertanian dan hortikultura di daerah itu rusak akibat serangan hama belalang tersebut.

Baca Juga:  Saatnya Petani Rambah Sektor Hilir
loading...
loading...