Hama dan Penyakit Jambu Air Khiojok yang Wajib Diwaspadai

Pertanianku Jambu air khiojok mulai populer di tengah masyarakat Indonesia. Sudah mulai banyak pehobi tanaman buah yang menyukai jambu air ini karena rasanya manis, ukurannya besar, dan daging yang super tebal. Tentu saja hal tersebut menyebabkan banyak pehobi yang menanam tanaman buah ini di pekarangan rumahnya.

jambu air khiojok
foto: pertanianku

Sebenarnya, pohon jambu air khiojok terbilang cukup kuat terhadap serangan penyakit. Namun, Anda harus mewaspadai beberapa hama yang kemungkinan bisa menyerang tanaman sehingga menyebabkan buahnya busuk, rontok, dan bahkan mengalami gagal panen. Simak ulasan berikut ini.

Lalat buah

Lalat buah menjadi salah satu hama utama yang selalu menyebabkan hasil panen busuk. Sebenarnya, lalat dewasa tidak akan mengganggu tanaman secara langsung. Hanya saja, induk lalat akan menyuntikkan telurnya ke dalam buah sehingga di dalam buah hidup larva-larva lalat buah. Larva tersebut akan menyebabkan buah busuk dan rontok. Kumpulkan buah yang jatuh untuk segera dimusnahkan agar populasi lalat bisa lebih terkendali.

Lalat bisa diatasi dengan membungkus buah dengan pembungkus buah khusus atau dengan kantung plastik. Anda juga bisa menggunakan jebakan untuk penanganan lalat yang berjangka panjang.

Ulat

Ulat yang biasa menyerang pohon jambu air adalah Dasychira inclusa dan parasa lepida. Ulat ini akan memakan daun-daun pohon sehingga daun terlihat berlubang. Selain daun, ulat juga memakan bagian ujung tunas dan ujung bunga sehingga menyebabkan bunga dan tunas menjadi buntung. Anda bisa mengatasi serangan hama ulat dengan menyemprotkan Bayrucil 250 EC dan Basudin 60 EC dengan konsentrasi 2 cc/liter air.

Jangan lupa untuk selalu menjaga sanitasi kebun untuk mengurangi jumlah populasi hama ulat dan lalat di pohon jambu air khiojok.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Semangka dari Biji

Kanker batang (penyakit busuk)

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Phytophthora. Pohon yang sudah terserang penyakit ini memiliki daun yang menguning dan mengering. Pada bagian pangkal batang berwarna kecokelatan atau hitam. Anda bisa mengendalikan penyakit ini dengan fungisida yang bersifat sistemik, seperti Benlate atau Anvill yang diberikan sedikit air, lalu dioleskan ke pangkal batang dengan kuas.

Untuk mengatasi serangan hama dan penyakit pada jambu air khiojok, Anda bisa mendapatkan pestisida, pembungkus buah, dan perangkap lalat buah di Toko Trubus terdekat di kota Anda. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam sarana produksi pertanian, mulai dari benih dan bibit berbagai tanaman, media tanam, pupuk hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Toko Trubus juga menyediakan bibit jambu air khijok berkualitas untuk Anda yang ingin memulai bertanam jambu air. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi langsung WhatsApp admin Toko Trubus.


loading...