Hama dan Penyakit Tanaman Mangga yang Kerap Meresahkan

Pertanianku — Hama dan penyakit yang menyerang tanaman mangga sangat beragam. Kedua hal tersebut menjadi salah satu penyebab tanaman tidak bisa berbuah dengan lebat. Oleh karena itu, untuk menjaga produktivitas tanaman, Anda harus selalu berjaga-jaga terhadap serangan hama dan penyakit mangga yang dapat menyerang sewaktu-waktu. Berikut ini hama dan penyakit tanaman mangga yang sering muncul dan meresahkan.

hama dan penyakit tanaman mangga
foto: Pertanianku

Hama

Hama utama pekebun mangga adalah lalat buah. Hama ini menyerang dengan cara menusukkan telurnya ke dalam buah mangga dan membiarkan telur tersebut berkembang biak. Cara mengatasi hama lalat buah bisa dilakukan dengan pembungkusan buah sejak dini, memasang jebakan, dan menjaga kebersihan kebun.

Hama lainnya yang tidak kalah meresahkan adalah lalat bisul daun mangga yang dapat membuat daun tanaman memiliki bisul. Bisul tersebut dapat mengganggu produktivitas tanaman mangga karena asimilasinya terganggu dan hijau daun banyak yang tidak berfungsi. Daun yang sudah terserang harus segera dipotong dan dibakar.

Hama ini bisa diatasi dengan cara menjaga kebersihan kebun. Tanah di sekitar kebun perlu dicangkul dan dibalik agar kepompong yang bersembunyi di balik tanaman mati terbakar sinar matahari.

Kupu-kupu juga menjadi hama bagi buah mangga, khususnya kupu-kupu penusuk yang berwarna kuning oranye dengan bercak hitam di bagian sayap belakang, sedangkan pada sayap bagian muka lebih muda dan bercorak bagus. Kupu-kupu dapat dicegah dengan pengasapan dan menjaga kebersihan kebun.

Semut rangrang yang terlihat biasa saja sebenarnya merupakan hama bagi buah mangga. Semut berserikat dengan kutu penghasil embun madu seperti kutu hijau, kutu sisik, dan kutu putih. Semut rangrang dapat dikendalikan dengan cara memotong semua sarangnya dan menyemprotkan insektisida organik.

Baca Juga:  Kenal Lebih Dekat dengan Apel Sebagai Buah Penurun Kolesterol

Penyakit

Penyakit buah mangga pada umumnya disebabkan oleh cendawan dan bakteri yang dapat membuat buah busuk. Ada tiga penyakit penting bagi buah mangga, yaitu antraknosa, bercak hitam, dan kudis.

Antraknosa disebut juga sebagai bercak atau bintik buah, penyakit ini disebabkan oleh cendawan. Penyebaran jamur penyebab antraknosa dapat dilakukan oleh air hujan, embusan angin, ditularkan oleh serangga, dan dipegang-pegang oleh manusia. Penyakit antraknosa dapat dicegah dengan cara pemangkasan agar tidak terlalu rimbun, pemangkasan ranting yang mati, dan fungisida alami yang terbuat dari 2 kg jahe.

Penyakit bercak hitam disebabkan oleh bakteri, penyakit tersebut bisa diatasi dengan penyemprotan ekstrak jahe. Sementara itu, penyakit kudis disebabkan oleh cendawan, penyakit ini juga bisa disembuhkan oleh ekstrak jahe.

Untuk mengatasi hama dan penyakit pada tanaman mangga, Anda bisa mendapatkannya di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan penanganan hama dan penyakit tanaman atau pestisida yang aman untuk lingkungan. Mulai dari insektisida, fungisida, akarisida, bakterisida, herbisida hingga rodensitida.

Selain itu, tersedia pula bibit mangga unggulan dan berkualitas di Toko Trubus, baik lokal maupun introduksi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat.