Hama dan Penyakit Tanaman Manggis

Pertanianku – Hama yang sering muncul adalah ulat berbulu. Ulat ini menyerang daun yang masih muda. Serangga pengisap Helopelthis antonii sering menusuk buah yang masih muda sehingga menyebabkan getah kuning ke luar dari kulit buah dan bagian dalam buah.

Hama dan Penyakit Tanaman ManggisPenyakit yang biasa timbul adalah hawar daun (daun kering kecokelatan) yang disebabkan oleh cendawan Pellicularia koleroga. Selain itu, kanker batang yang disebabkan oleh cendawan Zignoela garcinae dapat menyebabkan batang pohon berbenjol-benjol. Semprotan insektisida Bayrusil 0,2% dapat mencegah serangan ulat dan serangga pengisap. Namun, penyakit cendawan sulit diberantas.

Hingga kini, tanaman manggis tidak pernah disemprot dengan insektisida atau fungisida. Hal ini karena bila disemprot sering ditemukan di daging dan di bawah kulit buah ditemukan getah kuning atau putih. Buah seperti ini tidak enak dimakan karena mengeras. Pemberian pestisida sistemik melalui infus lebih dianjurkan.


Loading...

Varietas unggul manggis yang telah dilepas adalah kaligesing (Purworejo). Namun, karena manggis masih dianggap monoklonal (genetik seragam) maka pelepasan varietas unggul lokal yang lain masih perlu dipertimbangkan. Hal ini disebabkan biji yang terbentuk tanpa melalui pembuahan (perkawinan).

 

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Mangga Melimpah dari Nusa Tenggara Barat
Loading...
Loading...