Hama dan Penyakit yang Dapat Menyerang Tanaman Semangka


Pertanianku – Hama penting yang mengancam tanaman semangka adalah kutu kuning (Myzus persicae), kutu kapas (Aphis gossypii), dan oteng-oteng (Epilachna puntata). Lalat buah (Dacus sp.) merupakan hama yang harus diberantas karena sering menusuk bunga dan pentil buah hingga mengalami keguguran.

semangka 7

Semprotan insektisida Curacron 500 EC dosis 0,2% dapat mengatasi serangan hama tersebut, tetapi penyemprotan harus dihentikan sebulan sebelum pemanenan buah untuk menghindari efek residu. Penyakit yang sering mengancam pada musim hujan adalah mildu tepung (Erysiphe cichoracearum), mildu embun (Pseudoperonospora cubensis), layu (Fusarium oxysporum), penyakit bercak nekrotik dengan mengeluarkan cokelat akibat bakteri Xanthomonas cucurbitae, dan masih banyak jenis penyakit, serta virus belang CMV (cucumber mozaic virus).

Penyakit mildu dapat diatasi dengan semprotan fungisida Benlate 0,3%. Penyakit layu dapat dicegah dengan pengaturan drainase yang baik. Sementara itu, virus CMV sulit diatasi, tanaman sakit harus cepat dicabut. Virus ini ditularkan oleh serangga vektor atau kutu daun Myzus persicae.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Cara Menanam Melon Sistem Hidroponik Bagi Pemula