Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman Kesemek


Pertanianku – Hama pada tanaman kesemek tidak banyak diketahui dan belum ada laporan yang merusak. Walaupun demikian, adanya kepik pemakan daun sering tampak, walaupun belum mengkhawatirkan. Penyakit yang biasa muncul adalah penyakit cendawan ungu (Cortisium salmonicolor), yang sering menyerang batang dan dahannya sehingga mengering dan akhirnya tanaman mati.

Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman Kesemek

Gejala yang tampak adalah adanya kulit batang pohon yang mengering dengan munculnya misellium berwarna merah jambu sampai ungu. Pengolesan bagian batang sakit dengan larutan CP 8% atau karbol 10—20% dapat mengatasi penyakit ini. Namun, apabila penyakitnya sangat parah sulit diatasi. Penyakit busuk ungu (embun upas) mudah menular melalui tangan pekerja. Oleh karena itu, gunakan sarung tangan nilon.

Tanaman kesemek dapat diperbanyak dengan okulasi, enten (sambungan), dan cangkok atau tunas akar yang tumbuh. Perbanyakan dengan biji akan menghasilkan tanaman yang menyimpang dari sifat induknya (segregasi) karena tanaman kesemek menyerbuk silang. Dengan bibit okulasi, sifat buah tidak berbiji dapat dipertahankan.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Para Petani Pala Harus Maksimalkan Izin dari Pemerintah