Hama di  Persemaian Tanaman Jati


Pertanianku – Jenis hama di persemaian terdiri dari Anomala sp., Clinteria klugi, Holotrichia sp., Oryctes rhinoceras, dan Lachnostera spp. (Coleoptera: scarabaeidae). Jenis rayap yang menyerang akar di antaranya Microcerotermes sp. dan Odontotermen spp. Hama yang menyerang akar lainnya yaitu jenis Tettigoniella ferruginea. Selain itu, jenis Tarbinskiellus portentosus juga menyerang batang dan daun anakan di persemaian.

Sifat-sifat Umum Tanaman Jati

Hama yang menyerang daun anakan lainnya adalah Aullarches miliaris, Eucoptarca sp., Euprepocnemis sp., Hieroglyphus sp., dan Teratodes sp. Hama tersebut juga menyerang tanaman umur 1—2 tahun. Tanaman yang terserang biasanya akan layu karena perakarannya terputus dan mudah dicabut.

Adapun upaya pencegahan serangan hama bisa dilakukan dengan cara berikut.

1) Kumpulkan dan musnahkan kumbang sebelum menjadi uret pada awal musim hujan, yaitu antara pukul 17.00—19.00. Untuk memudahkan penangkapan, gunakan lampu sebagai pemikat.

2) Berikan insektisida dalam bentuk larutan atau granula yang dicampurkan dengan tanah pada setiap lubang tanam sebelum penanaman.

3) Semprotkan insektisida pada permukaan tanah pada bulan pertama masa panen. Untuk stadium kumbang, gunakan insektisida berbahan aktif parathion dengan konsentrasi 0,1%. Sementara itu, untuk stadium uret, gunakan Furadan 3G atau Basamid 3G.

Sumber: Buku 10 Tanaman Investasi Pendulang Rupiah

 

Baca Juga:  Produksi Kopi Arabika 2017 Turun Hingga 50%
loading...
loading...