Hama Gurem Jadi Masalah? Cegah Serangannya dengan Cara Ini


Pertanianku — Kendala dalam beternak ayam mungkin saja terjadi. Misalnya, serangan hama gurem. Namun, sebelum hama itu menyerang, alangkah baiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu.

hama gurem
Foto: Google Image7

Gurem dikenal dengan istilah kutu ayam, yaitu merupakan serangga kecil (kutu atau tungau kecil) pengganggu yang menempel pada bagian tubuh ayam sambil mengisap sari-sari makanan (darah) dari tubuh unggas.

Hewan unggas akan merasa gatal-gatal di sekujur tubuh, terutama pada bulu ekornya. Serangan gurem ini menyebabkan unggas menjadi anemia (kekurangan darah), iritasi, hilang nafsu makan, menurunkan produksi telur, kekurusan, dan kerentanan terhadap penyakit.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hama gurem pada ternak ayam.

  • Membuat kandang boks (panggung) terpisah untuk indukan yang mengeram Sebab, hal ini akan lebih efektif untuk mencegah serta menangani kasus serangan gurem.
  • Sebaiknya kandang terkena sinar matahari karena hama gurem tidak suka dengan panasnya cahaya matahari. Atau, Anda juga dapat menggunakan lampu penerangan untuk kandang.
  • Jagalah kebersihan kandang dengan membersihkannya secara rutin terutama pada sarangnya.
  • Mengoleskan kapur ajaib atau merendam kaki kandang pada cairan oli atau minyak agar gurem tak bisa naik ke kandang.

Namun demikian, jika hama gurem terlanjur menjangkit dan menyerang ternak ayam Anda, lakukanlah cara-cara berikut ini.

  1. Menggunakan air tembakau

Kita semua tahu bahwa tembakau mengandung zat nikotin. Meski bagi manusia nikotin ini cukup berbahaya, nikotin bisa dimanfaatkan untuk membasmi serangga. Cara membuatnya, yaitu dengan merendam 3 ons atau lebih tembakau dengan air hangat 500cc —1 liter.

Diamkan selama satu malam, lalu air rendaman kita pakai untuk menyemprot sarang bertelur ayam. Semprotkan secara merata ke sekitar sarang. Jika ayam sudah terserang gurem, ayam juga bisa sekalian disemprot.

  1. Menggunakan daun sirih
Baca Juga:  Cara Paling Efektif Pemasaran Ternak Ayam Kampung

Daun sirih juga tidak disukai oleh mayoritas serangga termasuk gurem. Jika Anda memiliki kandang ayam atau ayam yang sedang bertelur, Anda bisa mencari daun sirih sebanyak-banyaknya lalu dicincang kecil-kecil dan ditaburkan di sekeliling kandang ayam.

Dengan cara tersebut, serangga yang ada dalam kandang akan menjauh. Daun sirih juga bisa ditaburkan di petarangan (tempat bertelur) telur ayam agar gurem tidak berani mendekati lokasi tersebut.

  1. Air jeruk nipis dan cuka

Air perasan jeruk nipis serta tambahan sedikit cuka dalam larutan juga terbukti mampu mengatasi hama gurem. Caranya, Anda tinggal memeras jeruk nipis dan mencampurnya dengan sedikit cuka. Setelah itu, semprotkan pada induk ayam dan kandangnya.