Hama-hama pada Tanaman Blewah

Pertanianku — Hama merupakan hewan yang merugikan tanaman karena memakan beberapa bagian tanaman sehingga pertumbuhan tanaman terhambat, bahkan mati. Blewah merupakan buah yang kaya vitamin C dan sangat enak dicampur ke menu es buah. Tanaman blewah adalah jenis tanaman buah yang tumbuh merambat di atas tanah. Oleh karena itu, beberapa hama tanaman blewah berasal dari atas tanah.

hama tanaman blewah
foto: pertanianku

Gangguan hama tanaman blewah harus segera diatasi agar kerusakan tidak menjalar ke mana-mana dan produktivitas pohon masih tetap terjaga. Berikut ini hama-hama pada tanaman blewah yang kerap ditemukan.

Tikus

Loading...

Tikus merupakan hewan yang hidup di berbagai tempat kotor dan penuh semak seperti kebun. Hewan ini akan merusak tanaman pada siang dan malam hari. Tikus merusak tanaman dengan cara memakan buah yang sudah dipanen atau yang masih ada di kebun. Hama ini lebih sering menyerang buah yang masih muda secara menyeluruh atau sebagian dan meninggalkan buah yang cacat sehingga buah tidak laku dijual.

Pengendalian hama tikus dapat dilakukan dengan meracuni tikus. Namun, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu menjaga sanitasi kebun agar tetap bersih. Hancurkan juga sarang di pematang kebun sehingga tidak ada tempat tinggal bagi tikus.

Oteng-oteng

Hama ini seperti kumbang yang memiliki sayap berwarna kemerahan. Kumbang ini memakan daun, sedangkan larva kumbang memakan lapisan bawah daun. Hama ini akan mengakibatkan daun berlubang dan hanya menyisakan bagian tulang daunnya.

Petani dapat mengatasi hama oteng-oteng dengan menyemprotkan insektisida pada daun. Insektisida yang bisa digunakan adalah Decis 2,5, Dursban 20 EC, atau Bayrusil 250 EC sebanyak 2 cc/liter air.

Penggerek buah atau lalat buah

Hama ini terlihat seperti lalat buah yang akan meletakkan telurnya di bakal buah. Saat bunga mekar, telur tersebut menetas dan masuk ke pentil buah, lalu memakan isi buah tersebut. Gejala serangan hama lalat buah ditandai dengan adanya bintik kecokelatan pada permukaan kulit buah dan membusuknya daging buah. Tak jarang ditemukan beberapa belatung/larva di dalamnya.

Baca Juga:  Atasi Hama Tanaman Jeruk dengan Tanaman Refugia

Untuk mengatasi hama tersebut, petani dapat menyemprotkan larutan insektisida Decis 2,5. Larutan tersebut disemprotkan pada saat tanaman sedang berbunga.

Loading...
Loading...