Hama-hama pada Tanaman Jahe

Pertanianku — Jahe merupakan tanaman rimpang yang paling sering digunakan karena khasiatnya, tak hanya bisa dijadikan bumbu, jahe juga sering digunakan sebagai obat tradisional. Khasiat jahe membuat banyak masyarakat yang tertarik untuk menanam jahe untuk dijual kembali atau hanya pemakaian pribadi. Ada beberapa hama tanaman jahe yang sering mengintai tanaman Anda dan harus segera diatasi agar produktivitas tanaman tidak terganggu. Berikut ini hama yang sering ditemui pada jahe.

hama tanaman jahe
foto: pexels

Kepik

Kepik memiliki sosok yang indah dengan warna merah dan totol hitamnya. Namun, siapa sangka di balik keindahannya, kepik merupakan hama yang harus diwaspadai. Serangga ini bisa menyebabkan daun jahe berlubang. Oleh karena itu, jika Anda melihat kehadirannya pada tanaman jahe, segera singkirkan jauh-jauh.

Loading...

Ulat

Ulat merupakan hama yang paling sering merusak segala jenis tanaman termasuk tanaman jahe. Salah satu ulat yang sering mengancam pohon jahe adalah ulat penggerek akar. Nama Latin dari ulat ini adalah Dichorcrosis puntiferalis, hama ini terkenal ganas saat menyerang pohon jahe. Bahkan, serangannya dapat menyebabkan sistem perakaran jahe menjadi kering dan akhirnya mati.

Kumbang

Serangga lainnya yang masuk daftar hama jahe adalah kumbang. Jenis kumbang yang kerap mengganggu tanaman jahe adalah Araeceras fasciclaris dan Lasioderma serrricorae. Jika Anda melihat kehadiran kumbang tersebut sebaiknya segera singkirkan sebelum tanaman jahe Anda dirusak olehnya.

Lalat rimpang

Lalat rimpang merupakan hama yang sangat signifikan pada lahan jahe. Jenis lalat yang sering muncul adalah Mimegrala coeruleifrons dan Eumerus figurans Walker. Ada juga jenis lalat yang menyerang rimpang jahe yang sudah dipanen dan disimpan di dalam gudang. Dampak yang akan diakibatkan dari serangan lalat adalah timbulnya kerusakan pada rimpang jahe.

Baca Juga:  Ciri-ciri Tanah Pertanian yang Subur

Serangan lalat bisa menyebabkan jahe menjadi busuk dan lapuk. Biasanya tanaman yang diberikan pupuk kandang akan mengalami serangan yang lebih parah dibanding tanaman yang diberikan jenis pupuk lain.

Kutu

Kutu merupakan hama jahe yang sering menyerang rimpang, dimulai dari masa penanaman dan akhirnya akan menyebabkan penampilan rimpang menjadi kurang baik.

Loading...
Loading...