Hama-hama yang Menyerang Tanaman Hias

Pertanianku — Serangan hama tanaman hias kerap dialami oleh pemilik tanaman karena hama tersebut dapat mengubah keindahan tanaman dan menurunkan produktivitas tanaman di pekarangan. Oleh karena itu, Anda harus memantau kehadiran hama tanaman hias sebagai salah satu cara merawat tanaman hias yang benar.

hama tanaman hias
foto: pertanianku

Hama tanaman hias dapat menyerang seluruh bagian tanaman dan cara yang paling efektif untuk mengatasinya adalah pengambilan secara manual. Berikut ini ulasan 5 hama tanaman hias yang paling sering dijumpai serta bagaimana cara mengendalikannya.

Semut/tawon

Loading...

Hewan kecil ini bisa menjadi hama bagi tanaman hias karena menyerang bagian daun. Daun yang sudah diserang oleh semut dan tawon akan kerdil dan mengeriput. Untuk menanganinya, Anda hanya perlu memotong bagian daun yang sudah terkena serangan.

Ulat

Ulat menyerang bagian daun dan batang muda, hama ini akan memakan bagian tanaman dan membuat rusak tanaman. Akibatnya, produktivitas tanaman berkurang dan tampilannya kurang menarik. Selain terlihat rusak, daun yang terkena serangan ulat akan terlihat menggulung. Hama ulat dapat diatasi dengan pengambilan manual dan dimusnahkan. Jika serangan yang terjadi sudah telanjur parah, Anda bisa menyemprotkan insektisida untuk mengendalikannya.

Belalang

Belalang akan memakan daun dan batang muda. Bagian yang sudah dimakan akan rusak  seperti tergunting dan bagian kulit batang terlihat mengelupas. Belalang dapat diatasi dengan pengambilan manual, lalu pindahkan ke lahan kosong yang jauh dari rumah. Jika serangan sudah terjadi parah, Anda bisa gunakan insektisida yang disemprotkan ke tanaman.

Siput dan keong

Siput dan keong merupakan hama yang menyerang bagian akar dan daun. Dua hama ini akan memakan bagian tanaman tersebut dan akhirnya menyebabkan kerusakan pada daun dan akar. Daun yang sudah dimakan akan terlihat berlubang sehingga sudah tidak indah untuk dipandang. Cara mengatasi hama ini adalah pengambilan secara manual dan singkirkan sejauh mungkin dari rumah.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Kumbang

Di balik cantiknya kumbang, ternyata hewan ini merupakan hama bagi tanaman hias yang ditanam di rumah. Kumbang dapat menyerang daun, tangkai akar, dan kuntum bunga. Bagian tanaman yang terserang akan tampak bolong dan rusak. Bagian larvanya menyerang bagian perakaran sehingga dapat menyebabkan tanaman layu.

Cara mengatasi hama ini dilakukan dengan mengumpulkan kumbang dan memusnahkannya. Jika serangan yang sudah terjadi sangat parah, dapat diatasi dengan penyemprotan insektisida.

Loading...
Loading...