Hama Jamur Tiram dan Pengendaliannya


Pertanianku – Dalam melakukan proses budi daya tentu tidak akan terlepas dari adanya gangguan, yakni serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan atau pengendalian hama dan penyakit yang biasa menyerang jamur tiram. Hama dan penyakit jamur tiram dipengaruhi oleh keadaan lingkungan maupun jamur itu sendiri sehingga antara tempat budi daya yang satu dengan yang lain bisa terserang jenis hama dan penyakit yang berbeda.

Hama Jamur Tiram dan Pengendaliannya

Berikut adalah jenis hama yang umum menyerang jamur tiram beserta cara pengendaliannya.

a. Ulat

Ulat merupakan hama yang paling banyak ditemui dalam budi daya jamur tiram. Beberapa faktor penyebab munculnya hama dan cara pengendaliannya adalah sebagai berikut.

1) Faktor kelembapan, ulat biasanya muncul ketika udara terlalu lembap. Oleh karena itu, sering kali ulat muncul saat musim hujan. Pencegahannya adalah dengan mengatur sirkulasi udaradan untuk sementara penyiraman kumbung dihentikan.

2) Lingkungan tidak bersih, lantai kumbung yang kotor, atau baglog yang sakit diletakkan berdekatan dengan baglog lain.

Pencegahannya adalah dengan selalu menjaga kebersihan tempat pemeliharaan dan segera membuang baglog yang telah terserang ulat.

b. Semut, laba-laba, dan kleket (sejenis moluska)

Hama semut dan laba-laba dapat diatasi dengan membongkar sarangnya dan menyiramnya dengan minyak tanah atau dengan menggunakan insektisida. Sementara itu, hama kleket biasa dijumpai pada mulut baglog. Untuk mengatasinya, cara mekanis yang dapat dilakukan adalah dengan mengambilnya menggunakan tangan.

Baca Juga:  Luar Biasa! Ekspor Kopi Indonesia ke Korsel Meningkat Hingga 53 Persen
loading...
loading...