Hama Patek Kembali Serang Tanaman Cabai


Pertanianku – Petani cabai di Kampung Jati Kuda, Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler kembali diresahkan oleh serangan hama patek yang menyerang tanaman cabai. Karena serangan ini, para petani di daerah tersebut mengalami kerugian dan gagal panen.

Salah seorang petani cabai, bernama Muslim mengatakan serangan hama patek sudah menyebabkan busuknya cabai. Walau ia menempuh berbagai cara, serangan hama masih tak bisa dibendung. Ia merunut serangan hama patek mulai muncul sejak tiga bulan lalu.

“Ini sudah sejak tiga bulan yang lalu dan sekarang makin parah. Sekarang ada sekitar sepuluh hektare tanaman cabai yang kena serangan di daerah ini,” kata Musli, seperti melansir Antaranews (27/3).

Serangan hama patek langsung menyerang pada bagian buah. Dengan begitu, cabai langsung membusuk sampai tak ada bagian yang bisa dimanfaatkan. Padahal, tanaman yang terserang hama rata-rata sudah memasuki masa panen. Akibat serangan hama, para petani mengalami kerugian besar karena panen terancam gagal.

“Ini tentu saja merupakan kerugian yang sangat besar bagi kami. Apalagi saat ini harga cabai masih terbilang tinggi. Seharusnya kami menuai keuntungan dari hasil penjualan cabai, akan tetapi yang terjadi malah sebaliknya,” lanjutnya.

Serangan hama patek ini melanda seluruh varietas cabai yang ada di daerah tersebut tanpa terkecuali. Padahal, meski sering terjadi serangan hama sebelumnya, tidak pernah berdampak seperti sekarang. Tanaman cabai berada dalam kondisi membusuk di bagian tangkai. Ia mengaku sudah melapor ke pihak penyuluh pertanian, tetapi belum ada respon.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Jengkol dan Dampak Negatifnya Buat Kesehatan
loading...
loading...