Hama Terung yang Wajib Diwaspadai

Pertanianku Hama terung harus dikendalikan dengan cara yang tepat agar populasinya tidak berkembang semakin banyak sehingga menyebabkan kemungkinan gagal panen. Ada beberapa hama terung yang kemungkinan besar menyerang tanaman Anda, simak berikut ulasannya.

hama terung
foto: Pixabay

Kutu aphid hijau

Kutu aphid hijau akan menyerang daun tanaman sehingga berubah warna menjadi kuning, rapuh, dan membuat tanaman menjadi kerdil. Kutu aphid dapat mengeluarkan kotoran yang disukai oleh semut dan jamur. Jamur tersebut dapat menyebabkan daun tanaman berubah kehitaman sehingga kemampuan fotosintesisnya berkurang.

Kumbang daun hitam kehijauan

Kumbang ini dapat menyebabkan daun tanaman berlubang terlihat seperti saringan berwarna kelabu. Tanaman yang sudah terserang akan menjadi kerdil dan bunga tanaman yang dewasa berguguran.

Kumbang bisa diatasi dengan cara menggunakan corong lampu yang sudah diberikan minyak tanah atau minyak goreng. Corong tersebut didekatkan ke kumbang agar kumbang terperangkap di dalam corong.

Penggerek batang

Hama ini sering ditemui menyerang tanaman dewasa dan sudah berbuah. Cabang tanaman menjadi terlihat layu. Jika diamati lebih dalam, akan terlihat lubang yang berisi kotoran seperti butir-butir kayu bekas gerekan. Dari lubang tersebut terlihat larva berwarna putih dengan kepala cokelat tua dan tidak berkaki. Pupa penggerek batang berwarna cokelat muda.

Hama ini dapat dikendalikan dengan cara memotong dan membelah batang di bagian bawah lubang. Jika Anda menemukan larva, pupa, atau engkis-engkis, segera matikan agar tidak berkembang jadi hama. Namun, jika serangan terjadi pada bagian pangkal batang, bisa dipastikan tanaman akan mati.

Tungau merah

Tungau bersembunyi di balik daun dan akan mengisap cairan di sel tanaman. Pohon terung yang terkena serangan hama ini akan memiliki gejala seperti daunnya berbintik merah. Daun tersebut akan layu dan rontok. Hama ini lebih sering menyerang tanaman saat musim kemarau. Ketika musim hujan, air siraman hujan dapat merontokkan tungau yang menempel pada pohon.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Kutu Daun yang Menyerang Tanaman Cabai

Hama bisa dikendalikan dengan menggunakan thrips Scolothrips sexmoculatus, kumbang, dan cendawan Entornophthora fresenii.