Hama Ulat Jagung Manis Ini Perlu Anda Waspadai

Pertanianku Hama ulat merupakan salah satu jenis hama yang paling mengganggu. Hewan yang satu ini bisa menggerogoti tanaman dan menyebabkan turunnya kualitas. Dalam jangka waktu lama, bukan tidak mungkin produktivitas tanaman pun ikut turun akibat hama ini. Hama ulat juga menyerang tanaman jagung manis.

Hama ulat
Foto: pixabay

Ulat tanah (Agrotis ipsilon)

Ulat tanah merupakan hama yang biasa bersembunyi di dalam tanah sekitar tanaman. Hama dewasa meletakkan telur di permukaan daun atau tanah. Telur ini akan menetas menjadi ulat dan masuk ke tanah. Ulat tanah menyerang di malam hari, terutama pada lahan yang memiliki drainase tidak begitu baik.

Loading...

Ulat tanah menyerang tanaman muda dan benih yang baru berkecambah. Ia akan memotong pangkal batang sebanyak beberapa sentimeter di atas permukaan tanah. Bagian batang yang digigit ulat biasanya akan patah.

Ulat grayak (Spodoptera sp.)

Bagian tumbuhan yang diserang oleh hama ini adalah daun jagung manis. Fase dewasa dari hama ulat grayak adalah ngengat yang aktif di malam hari. Ulat yang baru menetas dari telur hama ini berwarna hijau muda. Bagian sisi cokelat tua atau hitam kecokelatan dan hidup berkelompok.

Ulat menyerang tanaman di malam hari. Pada waktu siang hari, ulat grayak akan bersembunyi di dalam tanah karena tempat ini lebih lembap. Ulat grayak akan berpindah secara bergerombol dan dalam jumlah besar.

Ulat grayak bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman jagung manis hingga 5—50 persen. Ulat ini merusak daun dan menyerang serta meninggalkan sisa-sisa epidermis, transparan, dan tulang daunnya saja.

Hama lundi atau uret

Lundi atau uret merupakan larva dari kumbang Phyllophaga hellen. Bentuk uret seperti ulat, berwarna putih, dan kakinya berada di depan tubuhnya. Uret ini hidup di dalam tanah. Awal imago mulai terbang pada awal musim hujan yang cukup lebat sehingga menyebabkan tanah jadi lembap.

Baca Juga:  Tips Lengkeng Berbuah Lebat

Hama ini banyak menyerang pada awal musim hujan. Larva menyerang bagian perakaran bermacam-macam terutama graminae. Gejala serangan hama ini adalah tanaman layu, rebah, dan mati karena perakarannya rusak.

 

Loading...
Loading...