Hama yang Kerap Mengganggu Tanaman Kentang

Pertanianku — Setiap jenis tanaman pasti memiliki hama yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman bahkan dapat mematikan tanaman. Hal tersebut dapat memicu kerugian bagi para petani karena tanamannya mengalami gagal panen. Oleh karena itu, petani harus mewaspadai kehadiran hama tersebut untuk segera diatasi dan disingkirkan. Salah satunya adalah hama yang kerap merugikan tanaman kentang.

tanaman kentang
foto: pixabay

Selain merusak tanaman dan menggangu produktivitas tanaman, hama tersebut sering merusak mutu umbi yang dihasilkan sehingga harga jualnya menjadi lebih rendah. Berikut ini beberapa hama tanaman kentang yang kerap dijumpai oleh para petani.

Ulat penggulung daun

Loading...

Ulat ini merupakan hama tanaman kentang yang sering merusak daun-daun kentang dan tunas umbi, terutama pada tanaman kentang yang ditanam saat musim kemarau. Pemberantasan hama tersebut dapat dilakukan dengan Supracide sebanyak 0,2—0,3 persen.

Ulat tanah

Jenis ulat ini sangat merugikan tanaman karena bisa memotong batang tanaman yang masih muda sehingga menyebabkan pertumbuhannya terganggu. Cara mengatasi hama ini dapat dilakukan dengan membunuh ulat yang biasanya berada di sekitar batang dalam tanah dan akan keluar dari persembunyiannya pukul 15:00—18:00.

Oteng-oteng atau hama pelentung

Oteng-oteng merupakan hama yang merusak daun. Daun yang rusak dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Pemberantasan hama ini dapat dilakukan dengan Kelthane 0,1—0,2 persen.

Orong-orong atau anjing tanah

Hama ini akan merusak tanaman dengan cara melubangi umbi-umbi kentang sehingga dapat menurunkan kualitas kentang yang dipanen. Hama ini dapat diatasi dengan cara mencampurkan kentang Sevin 85 dengan pupuk kandang yang akan digunakan untuk memupuk.

Nematoda Meloidogyne sp.

Jenis nematoda ini dapat menimbulkan penyakit kutil pada umbi kentang sehingga dapat menurunkan mutu umbi. Mutu umbi yang turun dapat menyebabkan harga jualnya ikutan menurun. Penyakit ini hanya timbul pada tanaman yang ditanam di pasir yang ber-pH agak rendah. Pemberantasan nematoda ini dapat dilakukan dengan penyemprotan nematisida, seperti furadan 3G.

Baca Juga:  Varietas Bawang Merah yang Cocok di Musim Hujan

Nematisida diberikan bersamaan dengan pemberian pupuk kandang. Tindakan pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan menanam varietas yang resisten terhadap nematoda tersebut dan menanam tanaman kenikir di sekitar tanaman kentang.

 

Loading...
Loading...