Hambatan yang Kerap Dialami Pembudidaya Ikan

Pertanianku — Semua bisnis memiliki hambatannya masing-masing, apalagi jika bisnis tersebut berkaitan dengan makhluk hidup, seperti budidaya ikan. Oleh karena itu, Anda perlu pintar dalam berstrategi agar tidak merugi.

budidaya ikan
foto: Pertanianku

Sebenarnya, setiap komoditas perikanan memiliki hambatan dan tantangan yang berbeda-beda. Namun, seringkali ada beberapa hambatan yang disebabkan oleh faktor tertentu dan bisa dialami oleh semua pembudidaya. Agar Anda tidak ikut terjebak dalam hambatan tersebut, simak beberapa ulasan faktor hambatan yang perlu Anda waspadai.

Tidak menguasai ilmu

Hingga saat ini masih sering ditemui seseorang yang ingin merintis usaha budidaya tanpa dibekali ilmu dasarnya. Usaha budidaya yang tidak diawali dengan ilmu bisa membuat seorang traumatis.

Anda perlu memahami cara pemeliharaan untuk sekadar hobi dan cara pemeliharaan untuk usaha budidaya skala komersil tidak bisa disamaratakan. Pemeliharaan yang dilakukan sekadar hobi tidak dikejar oleh target waktu dan materi. Selain itu, pemeliharaan cenderung dilakukan dalam jumlah kecil.

Berbeda dengan usaha budidaya ikan yang dilakukan dalam skala komersil, pembudidaya harus memperhitungkan waktu pemeliharaan, modal yang dikeluarkan, dan hasil akhir yang akan didapatkan. Oleh karena itu, usaha budidaya harus dilakukan dengan perencanaan yang matang agar keuntungan yang didapatkan sesuai dengan harapan.

Anda perlu menguasai ilmu dasar dan terapannya. Meskipun, ilmu terapan baru bisa diketahui setelah proses budidaya berlangsung.

Sebagai pembudidaya, Anda perlu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Saat ini Anda bisa mendapatkan sumber referensi untuk belajar atau menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan mudah, seperti dari buku, artikel online, bahkan pembudidaya ikan lainnya.

Tidak terjun langsung

Saat memutuskan menjadi pembudidaya ikan, Anda perlu terjun langsung mencari ilmu di lapangan. Dengan terjun langsung, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang tidak mungkin didapatkan di tempat lain.

Baca Juga:  Manajemen Pakan Ikan Gurami yang Benar

Tidak serius

Usaha yang tidak ditangani dengan serius akan memperoleh hasil yang tidak serius juga. Jadi, apabila Anda memang sudah benar-benar serius, lakukan semuanya dengan persiapan yang matang agar modal, tenaga, dan waktu yang sudah Anda curahkan tidak terbuang sia-sia.

Tidak sabar ingin cepat untung

Usaha budidaya memerlukan proses yang memakan waktu. Hampir semua lini usaha kemungkinan tidak mendapatkan keuntungan yang manis di awal. Anda perlu belajar sabar dan tidak terburu-buru ingin cepat untung. Kesabaran itu menjadi salah satu modal penting saat mengembangkan usaha.