Hampir Punah, Daun Teratai Raksasa Akhirnya Muncul Kembali


Pertanianku — Mungkin Anda tidak tahu fakta bahwa daun teratai raksasa menjadi salah satu spesies yang terancam punah. Akan tetapi, setelah hampir musnah karena ulah manusia, daun teratai raksasa akhirnya muncul kembali di sungai Paraguay. Pemandangan ini bahkan menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke sana.

Daun teratai raksasa
Foto: Google Image

Dikutip dari National Geographic Indonesia, daun teratai raksasa yang memiliki nama ilmiah Victoria cruziana ini benar-benar besar. Panjang diameternya saja sekitar lima kaki atau sekitar 1,5 meter. Bagian tepinya yang melengkung, memberi penampilan berbeda dengan daun-daun lainnya.

Jumlah daun teratai mulai menurun akibat pengerukan sungai. Selain itu, perilaku wisatawan dan penduduk lokal yang terpikat dengan tanaman air ini juga membuatnya semakin menghilang. Beberapa pengunjung membahayakan tanaman ini dengan mencabut akarnya.

Daun teratai raksasa menjadi pemandangan spesial dan menjadi ciri khas area sungai. Melihat bunganya yang sedang mekar saja menjadi pemandangan langka. Bunga-bunga tersebut hanya mekar dua hari sebelum akhirnya menjadi layu. Biasanya, para fotografer berbondong-bondong mengabadikan penampilan singkat daun teratai raksasa itu.

Untuk mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh wisatawan, pemerintah lokal memutuskan untuk memberikan denda pada siapa pun yang terlihat menyentuh, membahayakan, dan menarik daun teratai dari sungai.

Untuk ‘menyembuhkan’ tanaman ini dari kerusakan dibutuhkan waktu lebih dari satu dekade. Ajaibnya, saat ini daun teratai bisa tumbuh kembali.

Baca Juga:  Impor Bahan Pangan Naik 200% Kali Lipat Berkat IMF-WB