Harbanero, Tanaman Cabai Cantik yang Sering Dijadikan Tanaman Hias

Pertanianku — Tanaman cabai sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia karena banyak yang menanamnya di pekarangan untuk kepentingan pribadi. Namun, ada juga tanaman cabai yang cantik dan sering dijadikan tanaman hias, yaitu tanaman cabai harbanero.

cabai harbanero
foto: PIxabay

Tanaman cabai harbanero sering ditanam di pot dan digunakan sebagai penghias rumah ataupun pekarangan. Mulai dari bentuk daun, bunga, hingga buah cabai harbanero terbilang cukup cantik. Harbanero menjadi tanaman cabai yang paling sering dijadikan tanaman di pot.

Daging buah cabai ini terbilang cukup tebal dengan kulit yang mengilap. Bentuk buah menggembung tidak beraturan dengan bagian ujungnya melancip. Buah harbanero umumnya berwarna merah hingga jingga. Namun, Anda juga bisa menemukan harbanero bercorak kuning, merah jambu, cokelat, dan putih. Warna buah yang bervariasi menjadi nilai tambah yang mampu menarik perhatian pehobi.

Sebenarnya, bercocok tanam cabai di pot sudah mulai populer sejak tren urban farming digemari masyarakat. Kegiatan ini menjadi hobi baru yang sangat bermanfaat bagi masyarakat perkotaan.

Cabai yang sangat pedas ini lebih cocok ditanam di daerah tropis karena pohonnya bisa berbuah sepanjang tahun, dimulai ketika tanaman sudah berumur enam bulan.

Media tanam yang dibutuhkan hanya sekam dan pupuk organiik. Agar jumlah dan bobot buahnya maksimal, berikan larutan hara setiap 3 hari sekali. Tanaman cabai harbanero cukup disiram saat media sudah terlihat kering.

Harbanero termasuk jajaran cabai terpedas di dunia dengan tingkat kepedasan 100.000—350.000 SHU. Banyak orang yang tertarik untuk mencoba cabai ini untuk membuktikan kemampuan menahan pedasnya. Karena tingkat pedasnya cukup tinggi, cabai ini jarang dikonsumsi dalam keadaan mentah. Cabai harbanero lebih sering diolah menjadi saus.

Seandainya tidak ingin mengonsumsi, Anda bisa membiarkan buah cabai habanero di pohonnya. Buah cabai yang dibiarkan begitu saja di pohonnya dapat menambah keindahan halaman rumah. Keindahan pohon akan semakin terpancar apabila sosok tanaman terlihat proporsional, mulai dari ukuran tanaman, banyak cabang, banyak buah, rimbun, hingga ukuran pot yang sesuai dengan ukuran pohon.

Baca Juga:  Langkah Mudah Membuat Arang Sekam

 


loading...