Harga Ayam Melonjak, Omzet Pedagang Turun 50%

Pertanianku – Bulan Ramadha telah berjalan beberap hari, harga ayam bukannya turun tapi justru semakin melonjak. Di kabupaten Jombang, Jawa Timur, harga daging ayam bahkan kini tembus hingga Rp35.000/kg.

Harga Daging Ayam Melonjak, Omzet Pedagang Turun 50%

Tingginya harga daging ayam kian membuat para pedagang daging ayam di pasar Citra Niaga, kota Jombang, Jawa Timur, kian nelangsa. Dagangan mereka kini menjadi sepi dan omzetnya turun hingga 50%.

Loading...

hal ini terjadi karena hingga beberapa hari bulan puasa harga ayam bukannya turun tapi justru semakin melonjak. Di pasar citra niaga ini daging ayam terpaksa dijual pedagang antara Rp34.000–Rp35.000/kg. padahal sebelumnya hanya Rp28.000/kg.

Salah satu pedagang di Citra Niaga, Khusnul Khotimah mengatakan, tingginya harga ayam juga dikeluhkan para pembeli. Terutama bagi mereka yang setiap hari berjualan makanan dengan menu daging ayam.

“Mereka berharap pemerintah segera turun untuk melakukan survey dan mengendalikan harga daging ayam supaya tidak terus melambung,” ungkap Khusnul.

Dirinya mengaku dalam sehari biasanya dapat menjual sekitar 1,7 kwintal perhari. Namun, kini pembeli yang datang turun sehingga sehari ia hanya dapat menjual sekitar 1 kwintal.

Para pedagang beralasan harga daging ayam dari pengusaha atau pabrik pemotongan juga sudah tinggi. Jika mereka harus menjual lebih rendah tentu mereka akan rugi.

Baca Juga:  Mentan Tinjau Proses Inseminasi Buatan Sapi Lokal dan Internasional di BET
Loading...
Loading...