Harga Bawang Putih di Purwakarta Tembus Rp60.000 per Kg

0

Pertanianku – Hampir dua pekan lebih komoditas pangan khususnya bawang putih melonjak naik. Bahkan, di beberapa daerah turut mengalami kenaikan harga. Salah satunya, Purwakarta. Di daerah tersebut saat ini harga bawang putih masih relatif tinggi, yakni mencapai Rp60.000 per kilogram (kg).

Yatinah Djuhara, seorang pedagang sayuran asal Gang Beringin, Kelurahan Nagri Kaler, mengungkapkan, sampai saat ini harga bawang putih belum turun. Kenaikan harga bawang kali ini adalah yang tertinggi selama 2017.

“Biasanya, harga bawang putih itu tak lebih dari Rp40.000 per kg,” tuturnya seperti mengutip Republika (16/5).

Lebih lanjut Yatinah mengatakan dirinya tidak mengetahui penyebab kenaikan harga bawang. Padahal, stok di pasarnya cukup. Namun, harganya justru mengalami kenaikan.

Hal serupa juga dirasakan pedagang lainnya, Dadang Suganda, mengatakan, selain bawang putih, bahan pangan lainnya sudah menyusul naik. Seperti kentang yang naiknya sudah mencapai Rp2.000 per kg. Juga bawang merah yang harganya naik Rp2.000 per kg. Begitu juga dengan tomat dan wortel.

“Kenaikannya antara Rp500 hingga Rp2.000 per kg,” ujar Dadang.

Meskipun ada kenaikan, lanjut Dadang, stok masih lancar. Selain itu, kenaikannya juga dinilai masih normal.

Berbeda dengan kenaikan harga bawang putih yang sangat luar biasa. Untuk harga termahal bawang putih biasanya hanya Rp40.000 per kg. Namun, saat ini justru mencapai Rp60.000 per kg.

loading...
loading...