Harga Bawang Putih Masih di Kisaran Rp40.000 per Kilogram


Pertanianku – Belum lama ini Menteri Perdagangan RI (Mendag) Enggartiasto Lukita mengakui bahwa hingga saat ini harga bawang belum sepenuhnya stabil. Bahkan, di beberapa daerah harga komoditas pangan ini belum merata keseluruhan. Namun, jika dilihat berdasarkan rata-rata daerah, Mendag menyebut harga bawang putih saat ini dijual sekitar Rp40.000 per kilogram (kg).

“Harga masih bervariasi, ada yang sudah Rp32.000 per kg, ada yang masih Rp50.000. Kalau diambil rata-rata itu sudah Rp40.000 per kg,” tutur Mendag seperti mengutip Republika (9/6).

Ia menyebutkan, harga yang masih bervariasi itu disebabkan oleh distribusi yang belum merata. Namun, ia mengaku sudah meminta importir untuk memasok bawang putih ke daerah yang terjadi gejolak harga.

Ia menargetkan, sebelum Lebaran harga rata-rata komoditas tersebut sudah turun menjadi maksimal Rp30.000 per kg di tingkat konsumen. “Kalau sampai ada yang jual lebih dari itu, maka (importir) jangan pernah berpikir untuk bisa impor bawang putih lagi,” tambahnya.

Bawang putih menjadi salah satu komoditas pangan yang menjadi fokus pemerintah. Sebab, lonjakan bawang putih yang sempat terjadi sepekan sebelum Ramadan terbukti memicu inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap kenaikan harga bawang putih menyumbang inflasi Mei 2017 sebanyak 0,39 persen.

Hingga saat ini, Indonesia masih bergantung pada bawang putih impor untuk memenuhi kebutuhan nasional. Sekitar​ 97 persen kebutuhan bawang putih dalam negeri masih dipenuhi oleh bawang putih yang berasal dari Cina.

Baca Juga:  NTT Siap Ekspor Bawang Merah Organik
loading...
loading...