Harga Cabai dan Bawang Semakin Melonjak


Pertanianku – Komoditas pangan seperti cabai dan bawang saat ini terus merangkak naik. Salah satu penyebab harga keduanya melonjak adalah karena faktor cuaca yang tidak menentu.

harga-cabai-dan-bawang-semakin-bergejolak

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menetapkan harga acuan pangan melalui Permendag Nomor 63/M-DAG/PER/09/2016 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen. Dalam aturan tersebut terdapat beberapa bahan pangan yang telah ditetapkan harga batas atas dan harga batas bawah. Di antaranya beras, jagung, kedelai, gula, bawang merah, cabai, dan daging sapi.

Dalam aturan harga acuan pangan, harga acuan penjualan konsumen untuk cabai merah ditetapkan sebesar Rp28.500 per kg. Sementara itu, harga bawang merah ditetapkan berkisar Rp15.000 hingga Rp22.500 per kg. Hanya saja, pada praktiknya harga kedua komoditas pangan tersebut masih dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Melansir data terakhir dari Kementerian Perdagangan yang dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, harga cabai merah besar berada pada status kritis. Tercatat, harga cabai merah besar lebih tinggi daripada harga acuan sebesar 64,81%, yaitu mencapai Rp46.971 per kg. Adapun secara year on year, harga cabai naik sebesar 81,99%. Sebagaimana dilansir dari Okezone (7/12).

Hal yang sama juga terjadi pada harga cabai merah keriting, yaitu mencapai Rp49.490 per kg. Harga cabai merah keriting ini lebih tinggi 73,65% di atas harga acuan. Sementara itu, secara year on year harga cabai merah keriting mengalami kenaikan sebesar 69,02%. Berdasarkan data ini, harga cabai merah keriting juga telah berada pada level kritis.

Selain itu, harga cabai rawit merah juga berada pada status kritis. Harganya pun mencapai Rp43.884 per kg atau 51,32% di atas harga acuan. Secara year on year, harga cabai rawit merah naik sebesar 45,4%.

Baca Juga:  Mendag Kritik Masyarakat Indonesia yang Konsumsi Ikan Olahan Impor

Harga bawang merah juga berada pada level kritis, yaitu 28,47% di atas harga acuan. Tercatat, harga bawang merah mencapai Rp41.110 atau naik sebesar 59,28% secara year on year.

loading...
loading...