Harga Cabai di Tingkat Petani Terus Melambung


Pertanianku – Dalam beberapa hari terakhir, harga cabai keriting merah di tingkat petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengalami kenaikan. Salah seorang petani cabai di Kelurahan Madureso, Mat Isroi, mengatakan bahwa harga cabai keriting merah saat ini mencapai Rp15.000 per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp12.000 per kg.

Ia menuturkan dibanding pekan lalu harga cabai keriting merah cenderung bergerak naik, dari Rp8.000 per kilogram, kemudian naik menjadi Rp12.000 per kg, dan sekarang Rp15.000 per kg. Ia mengatakan saat ini memiliki tanaman cabai keriting sebanyak 2.000 pohon, pada petik kelima kemarin menghasilkan 22,5 kilogram. Petik (panen) dilakukan empat hari sekali dan cabai keriting bisa petik sampai 20 kali.

Menurutnya harga cabai memang tidak menentu, kadang tinggi, tetapi tiba-tiba bisa anjlok. “Harga Rp15.000 per kg bagi kami sudah bisa menutup ongkos produksi, kami berharap harganya bisa naik lagi sehingga bisa mendapatkan untung lumayan,” ujarnya, seperti mengutip Antara (31/7).

Padahal, kondisi tanaman cabai saat ini relatif bagus karena curah hujan sudah berkurang. Petani yang lain, Badriyah, mengatakan harga cabai setelah Lebaran lalu cenderung turun, tetapi dalam beberapa hari ini harga mulai naik.

Baca Juga:  Rusia Miliki Kampung Vegetarian
loading...
loading...