Harga Cabai Merah Anjlok


Pertanianku – Dua pekan terakhir ini harga cabai merah besar di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terus mengalami penurunan, hingga bisa dikatakan harga cabai merah besar tersebut anjlok menjadi Rp10.000 per kilogram (kg).

“Pekan ke empat Mei 2017 harga cabai masih Rp32.000 per kilogram namun secara terus-menerus turun bahkan di pasar tradisional Lakitan ada yang dijual Rp8.000 per kilogram,” tutur seorang warga Kecamatan Lengayang, Sartika, di Painan, belum lama ini seperti melansir Republika (13/6).

Tak hanya cabai merah besar saja, beberapa harga komoditas pun juga ikut turun seperti bawang merah yang turun menjadi Rp14.000 per kg atau turun Rp2.000 sejak pekan lalu. Ika seorang warga Kecamatan Sutera, mengatakan hal serupa, harga cabai merah besar di pasar tradisional Surantih hanya pada kisaran Rp10.000 hingga Rp12.000 per kg.

“Tergantung kondisi jika agak bagus maka harganya Rp12.000 per kg,” ungkapnya.

Pihaknya menyambut baik turunnya berbagai harga kebutuhan pokok pada Ramadan sehingga pengeluaran bisa ditekan. “Kami bersyukur beberapa pekan terakhir harga kebutuhan pokok turun, berbeda dengan Ramadhan tahun sebelumnya yang harga-harga kebutuhan pokok terus melejit hingga masuknya Lebaran Idul Fitri,” tambahnya.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Firdaus, mengutarakan penyebab turunnya harga dan beberapa komoditas pangan disinyalir karena pasokan yang melimpah. Walau demikian pihaknya mengaku akan terus memantau pergerakan harga. Jika kenaikan harga sudah masuk ke tahap yang tidak wajar, akan digelar operasi pasar.

Kegiatan tersebut dimaksud untuk menstabilkan harga karena dengan bertambahnya bahan kebutuhan yang beredar dengan sendirinya harga bisa ditekan.

Baca Juga:  Miris! Puluhan Desa di Gresik Alami Kekeringan
loading...
loading...