Harga Cabai Rawit di Manado Tembus Rp100 Ribu

Pertanianku — Menginjak bulan suci Ramadan ini, harga cabai rawit di sejumlah pasar di Kota Manado, Sulawesi Utara, terus merangkak naik. Bahkan, harga cabai rawit saat ini menembus angka Rp100 ribu per kilogram.

harga cabai rawit
Foto: Pixabay

“Memasuki awal puasa, harga cabai rawit di Sulawesi Utara mulai mengalami peningkatan dari kondisi normal Rp45 ribu per kilogram, saat ini telah mencapai Rp100 ribu per kilogram,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara, Hanny Wajong di Manado, mengutip Republika, Kamis (9/5).

Hanny pun menegaskan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan pengawasan, baik di pedagang pengumpul, distributor, maupun daerah sentra produksi.

Loading...

Lebih lanjut ia mengatakan, lonjakan harga cabai rawit terjadi karena stok di pedagang terus menurun. Ini karena pasokan dari daerah sentra produksi cabai rawit tersendat.

Oleh karena itu, Disperindag Sulawesi Utara terus melakukan koordinasi dengan 15 kabupaten kota sehingga bisa melakukan pemantauan dengan cepat.

“Jika ada tanda kekosongan semua kabupaten akan saling bantu pasok, namun tetap juga melakukan permintaan ke daerah sentra seperti Gorontalo dan Minahasa,” katanya.

Baca Juga:  Manfaat Bubur California bagi Tanaman Jeruk
Loading...
Loading...