Harga Daging Sapi di Makassar Hanya Rp90.000 per Kg

Pertanianku – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengungkapkan, harga daging sapi bisa mencapai di kisaran harga seperti yang Presiden Joko Widodo inginkan. Tentunya dengan beberapa tindakan ataupun pemberian intensif yang harus dilakukan pemerintah.

Harga Daging di Makassar Hanya Rp90.000 per Kg

Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, harga daging sapi Rp80.000/kg bisa tercapai jika pemerintah menyederhanakan rantai pasokan daging sapi, membantu peternak dengan penyediaan transportasi, pemberian intensif subsidi transportasi kapal ternak, dan insentif retribusi dan pajak.

Loading...

“Saya kira kalau ini dilakukan, saya yakin harga daging sapi yang diminta Pak Jokowi Rp80 ribu per kg itu bisa kita capai,” jelas Syarkawi seperti dilansir okezone (8/6).

“Memang tidak cepat, butuh waktu, karena banyak faktor dan persoalan terkait,” tutur Syarkawi.

Syarkawi mengungkapkan, hasil tinjauan di lapangan, KPPU menemukan harga daging sapi di Makassar hanya dijual Rp90.000/kg. Bahkan, para penjual daging sapi di Makassar tersebut menyebutkan sudah mendapat untung dengan harga Rp90.000/kg.

“Ini sudah termasuk margin yang dia punya ongkos distribusi, biaya transpor, retribusi atau pajak yang harus dibayar mereka. Setelah kita tanya, level peternak Rp70.000, maksimum Rp75.000 atau Rp80.000 saja peternak sudah untung,” ucap Syarkawi.

Baca Juga:  Asuransi Nelayan Mandiri untuk Menjamin Perlindungan Nelayan, Pembudidaya, dan Petambak Garam
Loading...
Loading...