Harga Daging Sapi di Palembang Rp130.000 per Kilogram

0

Pertanianku – Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Palembang, Sumatera Selatan bertahan di harga Rp130.000 per kilogram (kg) sejak hari kedua Ramadan.

Taufik, seorang pedagang daging sapi di Pasar Prumnas Palembang ini, mengatakan bahwa harga daging sapi bertahan sejak dua hari menjelang Ramadan, yakni dari semula Rp120.000 menjadi Rp130.000 per kg.

“Dari agen sudah tinggi jadi terpaksa saya juga menaikkan harga. Ini lazim terjadi di saat Ramadan,” kata Taufik, seperti mengutip Antaranews (29/5).

Sama halnya dengan Taufik, Ahmad, pedagang daging sapi di Pasar KM 5, mengatakan, kenaikan harga ini relatif tidak terlalu berpengaruh pada jumlah permintaan. “Bisa dikatakan masih stabil permintaan. Malah pada hari pertama Ramadan ada peningkatan sedikit,” ucap Ahmad menuturkan.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Bakhtiar AS mengeluarkan pernyataan tentang kestabilan harga daging menjadi perhatian Bulog di samping kebutuhan pokok lain.

Bulog Sumsel Babel telah menyiapkan sekitar dua ton daging beku segar impor dari India untuk menghadapi Ramadan 2017.

Saat ini, Bulog telah menggandeng mitra, yakni Rumah Pangan Kita untuk memasarkan daging sapi beku tersebut dengan harga Rp80.000 per kg.

“Harapannya masyarakat tertarik membeli daging beku ini karena harganya yang relatif murah. Akan tetapi, diakui memang tidak mudah membujuk masyarakat karena sudah terbiasa membeli daging bakalan,” ungkap Bakhtiar.

Selain daging sapi, komoditas pangan yang juga menjadi perhatian Bulog adalah kestabilan harga bawang putih. Saat ini harga masih tinggi, yakni Rp68.000—Rp70.000 per kg di sejumlah pasar tradisional. “Rencananya Bulog akan melepas tujuh ton bawang putih ke pasaran pada pekan ini,” ungkapnya.

loading...
loading...