Harga Daging Sapi Diprediksi Naik H-3 Lebaran


Pertanianku – Pengurus Asosiasi Pedagang Daging, Asnawi memprediksi akan terjadi kenaikan harga daging sapi segar pada H-3 menjelang Idul Fitri. Kenaikan harga daging akan menyentuh angka Rp125.000 hingga Rp135.000 per kilogram (kg).

“Namun, harga daging akan kembali normal setelah Idul Fitri lewat,” ungkap Asnawi, beberapa waktu lalu, seperti melansir Republika.

Harga daging sapi segar normal saat ini sendiri berada di angka Rp115.000 hingga Rp120.000 per kg. Asnawi mengungkapkan, kenaikan harga daging akan terjadi karena jeroan tidak laku ketika menjelang Lebaran, ditambah pula penjualan kulit akan menurun. “Sehingga terjadi kenaikan di harga daging,” jelas Asnawi.

Pasalnya, saat ini harga kulit di agen dijual seharga Rp11.000 per kg dan akan turun sekitar Rp9.000 per kg pada saat Lebaran. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk stabilisasi harga daging termasuk intervensi dengan memasukkan daging kerbau beku. Namun, di lapangan harga daging kerbau banyak dijual di angka Rp90.000, lebih tinggi daripada harga acuan yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp80.000 per kg.

Baca Juga:  Saatnya Petani Rambah Sektor Hilir
loading...
loading...