Harga Daging Sapi Impor Cile Diharapkan Kompetitif di Pasar


Pertanianku – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah membuka peluang masuknya daging sapi yang berasal dari Cile dengan kualitas cukup bagus. Pengamat ekonomi peternakan Rochadi Tawaf menilai keputusan tersebut bagus asalkan untuk kepentingan petani dan konsumen.

“Bagus sepanjang menguntungkan buat bangsa,” kata Rochadi, seperti mengutip Republika beberapa waktu lalu.

Menurut Rochadi, upaya pemerintah dengan mendatangkan daging sapi impor dari Cile dan negara lainnya seperti Australia karena mampu bersaing secara kompetitif dengan peternak dalam negeri.

Pasalnya, hal ini tidak seperti daging kerbau asal India yang dijual dengan harga Rp80.000 per kilogram (kg). Apalagi negara tersebut belum dinyatakan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hanya saja, ia mengatakan, pemerintah sebaiknya juga memberikan insentif bagi pengusaha. Jangan sampai, kata dia, izin impor yang telah dibuka dihambat dan menyebabkan pengusaha tidak kondusif.

Ia juga meminta pemerintah melibatkan pengusaha yang mengerti dengan pasti terkait impor daging sapi beku. “Pengusaha yang dibawa jangan sampai nggak ngerti,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian berencana mendatangkan kembali daging sapi impor dari Cile. Rencana itu akan menambah stok daging setelah sebelumnya mengimpor daging kerbau asal India. Selain Cile, Meksiko dan Brasil juga dikabarkan akan menjadi sumber daging sapi impor yang akan masuk ke Indonesia.

Baca Juga:  Komoditas Kedelai Diprediksi Swasembada Tahun Depan
loading...
loading...