Harga Daging Sapi Terus Bergejolak, Kementan Atasi Stok Sapi

Pertanianku – Guna menjaga ketersediaan daging sapi, Kementerian Pertanian RI (Kementan) terus memonitor stok sapi bakalan dan sapi siap potong. Hal ini bertujuan untuk memastikan terjadi pemotongan sapi setiap harinya.

“Agar tidak ada penimbunan,” kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita seperti mengutip Republika, (2/6).

Selain itu, hal ini dilakukan dengan upaya untuk menjaga stabilisasi harga daging sapi segar dari pemotongan sapi bakalan feedloter.

Pihaknya juga terus mendorong feedloter memiliki Rumah Potong Hewan (RPH) sendiri dan menjual daging sapi yang dihasilkan secara langsung di RPH tanpa melalui perantara dalam hal ini jagal.

Lebih jauh Ketut Diarmita mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi RPH bukan hanya sebagai tempat pemotongan, melainkan juga tempat penting lainnya. Maksudnya, ia ingin menambah fungsi RPH sebagai tempat penjualan daging atau kios daging.

“Kita terus berkoordinasi dengan institusi terkait seperti Kepolisian, Bulog, KPPU, Dirjen Dagri dan Dirjen Daglu Kemendag,” ungkapnya.

loading...
loading...