Harga Garam di Jember Mulai Berangsur Turun


Pertanianku – Sejak beberapa pekan ini, harga garam konsumsi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember, Jawa Timur secara perlahan mengalami penurunan dari Rp16.000 menjadi Rp9.000 per kilogram (kg). Penurunan tersebut terjadi karena pasokan sudah terlihat bertambah.

“Beberapa hari terakhir ini terpantau distribusi garam dari pabrikan ke sejumlah pedagang di pasar tradisional lancar, sehingga harga garam perlahan-lahan mulai turun,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember Anas Ma’ruf di Jember, mengutip Antara (7/8).

“Dengan pasokan garam ke pedagang lancar, maka persediaannya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan harganya secara otomatis akan turun, meskipun harga tersebut masih belum kembali normal, yakni Rp4.000 per kilogram,” tambahnya.

Lebih lanjut Anas mengatakan bahwa distribusi garam kemasan yang dikirim ke sejumlah pasar tradisional saat ini cukup lancar, sedangkan garam bata yang awalnya kosong beberapa pekan terakhir, kini mulai tersedia di sejumlah pedagang meskipun jumlahnya masih terbatas.

“Kalau dulu stok garam bata kosong di pasar tradisional dan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan garam bata, namun kini masyarakat sudah bisa mendapatkan garam bata tersebut di sejumlah toko dengan harga berkisar Rp1.400 hingga Rp1.600 per buah,” lanjutnya.

Anas berharap pasokan dan distribusi garam dapur tersebut kembali normal sehingga harganya bisa kembali normal pada kisaran Rp1.000—Rp1.500 per kemasan, sedangkan harga garam bata berkisar Rp500—Rp600 per buah.

Di sisi lain salah seorang penjual masakan di Jember, Nurul Hidayah, mengeluhkan kelangkaan garam yang terjadi hampir sebulan terakhir sehingga banyak toko yang tidak menjual garam karena stoknya habis.

“Kebutuhan garam untuk masakan memang tidak terlalu banyak, namun setiap masakan harus diberi garam, agar rasanya tidak hambar. Saya harus keliling di sejumlah toko dan pasar untuk mencari garam dapur selama beberapa pekan lalu,” ujarnya.

Baca Juga:  Korea Utara Tawarkan Tur Menanam Padi, Seperti Apa Ya?

Untuk itu, ia berharap persediaan garam di pasaran kembali normal dan stabil sehingga harga garam tidak melambung tinggi dan terjadi kelangkaan garam yang belakangan terjadi.

Pantauan di lapangan, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Tanjung Jember nisbi stabil seperti beras di kisaran Rp9.000—Rp11.000 per kg, gula pasir kisaran Rp12.000—Rp12.500 per kg, dan minyak goreng curah Rp11.500 per kg.

loading...
loading...