Harga Kambing Naik Rp500 Ribu per Ekor Jelang Idul Adha

Pertanianku – Harga ternak kurban, khususnya kambing di daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjelang Idul Adha 1437 Hijriah ini mulai merangkak naik.

Harga Kambing Naik Rp500 Ribu per Ekor Jelang Idul Adha

Pedagang kambing di Pasar Hewan Kranggan, Alim, mengungkapkan harga kambing telah naik antara Rp250.000,00—Rp500.000,00/ekor.

Dia menyebutkan, kambing ukuran besar yang semula Rp2,5 juta/ekor, kini mencapai Rp3 juta/ekor dan ukuran sedang dari Rp2 juta—Rp2,25 juta/ekor menjadi Rp2,5 juta/ekor.

Alim menuturkan saat ini sudah ada peningkatan permintaan kambing kurban, tetapi belum ramai. “Biasanya permintaan mulai ramai pada 10 hari menjelang Idul Adha.”

Meskipun harga kambing mulai naik, harga sapi cenderung masih stabil. “Hingga saat ini harga sapi masih stabil, karena permintaan juga masih normal,” ucap Sofyan seorang pedagang sapi seperti dilansir dari Merdeka (19/8).

Sofyan menuturkan belum ada peningkatan permintaan, meskipun sudah ada satu, dua orang yang memesan sapi untuk kurban.

Disebutkan, harga sapi ukuran besar saat ini rata-rata Rp18 juta—Rp20 juta/ekor, ukuran sedang Rp16 juta—Rp17,5 juta/ekor. “Biasanya untuk ukuran sedang banyak diminati pembeli,” tutur Sofyan.

Baca Juga:  Mentan Syahrul Resmikan Penggilingan Padi di Bulukumba

loading...