Harga Madu Paling Mahal di Dunia Ini Bikin Melongo

Pertanianku – Bahan makanan yang berasal dari lebah ini memang tak usah diragukan lagi manfaatnya. Bahkan, madu mengandung berbagai nutrisi esensial seperti serat, vitamin B6, niacin, protein, anti-oksidan, dan karbohidrat yang ampuh untuk menghindari tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. Benarkah demikian?

Foto: pixabay

Harganya yang terjangkau membuatnya banyak dimanfaatkan seseorang untuk menjaga kesehatan. Namun, tidak dengan madu yang satu ini memiliki harga jual yang terbilang sangat fantastis.

Beberapa waktu lalu, produsen madu asal Turki sempat menarik perhatian para pencinta kuliner internasional setelah meluncurkan olahan madu termahal di dunia.

Loading...

Bisa Anda bayangkan, untuk mendapatkan sekitar 1 kilogram madu Elvish, Anda harus siap merogoh kocek sebesar Rp79 juta. Sangat fantastis bukan?

Anda pasti akan bertanya-tanya, apakah ada orang yang berminat untuk membeli madu milik Gunduz? Menariknya, satu kg pertama madu Elvish berhasil terjual seharga 45.000 euro atau sekitar Rp716 juta di Bursa Efek Prancis pada 2009.

Setahun kemudian, seorang apoteker asal Cina membeli satu kg lagi dengan harga 28.000 euro atau sekitar Rp444 juta.

Sebenarnya apa yang membuat harganya menjadi begitu mahal ya?

Menurut penuturan Gunay Gunduz, seorang pemelihara lebah, madu Elvish ternyata diolah menggunakan sarang lebah yang terletak di dalam gua dengan kedalaman 1.800 meter. Lokasi gua ini berada di Lembah Saricayir, Kota Artvin di utara Turki.

Saat pertama kali menemukannya, Gunduz melihat gerombolan lebah yang masuk ke gua tersebut pada 2009 lalu. Kemudian, ia menyadari bahwa ada kemungkinan lebah-lebah itu membuat sarang di dalamnya.

“Dengan bantuan pendaki profesional, kami berhasil masuk ke dalam gua dan menemukan sekitar 18 kg madu menempel di dindingnya yang bulat,” terang Gunduz.

Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Setelah itu, ia meminta bantuan para ahli untuk menganalisis madu-madu tersebut.

Bahkan, ahli mengonfirmasi bahwa madu yang ditemukan Gunduz telah berusia 7 tahun dengan kualitas dan nutrisi yang sangat tinggi.

Loading...
Loading...