Harga Pangan Melonjak, Pedagang Kurangi Stok!

Pertanianku – Memasuki minggu pertama Ramadan, harga bahan kebutuhan pokok masih tercatat mengalami kenaikan.

Harga Pangan Melonjak, Pedagang Kurangi Stok!

Menurut Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri, beberapa harga bahan kebutuhan pokok yang masih tinggi di antaranya adalah daging sapi sebesar Rp150.000–Rp170.000/kg, bawang merah sebesar Rp45.000–Rp50.000/kg, dan gula sebesar Rp16.000–Rp18.000/kg.

Kenaikan harga ini pun berdampak pada penurunan penjualan sejak awal-awal Ramadhan. Terutama adalah untuk penjualan daging sapi yang sepi peminat akibat melonjaknya harga daging.

“Biasanya kalau hari biasa masyarakat bisa beli dengan hitungan kilogram. Tapi saat ini karena harga yang melonjak paling hanya beli setengah kilogram,” ujar Abdullah Okezone (10/6).

Demikian halnya dengan pembelian gula dan bawang. Masyarakat pun hanya membeli dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan biasanya.

“Gula juga begitu, yang biasanya beli dalam jumlah banyak hanya beli sedikit-sedikit,” papar Abdullah.

Akibatnya, pedagang memutuskan untuk mengurangi jumlah pembelian barang dagangan. Sebab, saat ini para pedagang juga harus menyesuaikan modal yang dikeluarkan dengan daya beli masyarakat.

“Jadi kita turunkan jumlah pembelian. Penurunannya macam-macam. Karena kalau tidak kami kan sudah rugi di awal-awal ini,” ungkap Abdullah.

Baca Juga:  Jelang Lebaran 2021, Harga Pangan Terpantau Stabil