Purwakarta Targetkan 1.000 Hektare Lahan Pertanian Organik


Pertanianku — Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta menargetkan 1.000 hektare lahan pertanian organik. Target tersebut dibuat mengingat potensi sawah organik di wilayah ini cukup tinggi. Salah satu indikatornya, ketersediaan air bersih yang tidak tercemar logam berat cukup melimpah.

lahan pertanian organik
Foto: Google Image

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan mengatakan, saat ini jumlah areal sawah yang sudah menggunakan sistem pemupukan organik mencapai 200 hektare.

Lahan tersebut tersebar di tiga wilayah, yakni Pasawahan, Bojong, dan Kiarapedes. Meski demikian, menurut Agus, potensi pengembangan sawah organik ini cukup tinggi.

“Yang paling potensial untuk dikembangkan areal pertanian organic, yakni di wilayah selatan Purwakarta,” ujar dia, seperti dilasir dari Republika, Jumat (18/5).

Sebab, Agus mengatakan, ketersediaan air bersih di wilayah itu cukup melimpah, yakni dari mata air pegunungan, mengingat salah satu sarat keberhasilan pertanian organik itu dari suplai air. Air yang digunakan untuk mengairi sawah tersebut jangan sampai tercemar logam berat.

“Jika airnya sudah bagus, maka komponen lainnya tinggal mengikuti. Salah satunya pupuk. Kalau untuk benih, varietas apa pun bisa jadi pendukung pertanian organik. Jadi, tidak ada masalah dengan benih varietas apa pun,” tutur Agus.

Menurutnya, alasan instansinya mendorong supaya areal persawahan organik ini bertambah karena kesadaran masyarakat akan pentingnya bahan pangan sehat cukup tinggi. Apalagi, beras organik yang sudah lolos sertifikasi ini dijamin bebas residu dan zat kimia.

“Saat ini saja, permintaan pasar akan beras organik cukup tinggi. Di atas lima ton per bulan. Tapi petani kita belum bisa mencukupinya,” ungkap Agus.

Selain itu, beras organik juga merupakan prospek yang sangat menjanjikan, karena harga pasarannya cukup mahal, yakni di atas Rp20 ribu per kilogram. Dengan begitu, petani yang konsen di pertanian organik dijamin akan menjadi petani dengan tingkat kesejahteraan tinggi.

Baca Juga:  Ungkap Rahasia Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan
loading...
loading...