Harus Coba! Tips Menghilangkan Bau Lumpur pada Ikan

Pertanianku — Beberapa jenis ikan terkenal memiliki bau lumpur yang khas. Bau ini dapat mengganggu olahan ikan yang sedang Anda buat. Berikut ini tips menghilangkan bau lumpur pada ikan yang sebaiknya Anda coba.

tips menghilangkan bau lumpur pada ikan
Foto: pixabay

Tambahkan garam

Garam bisa digunakan untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan. Pertama-tama, Anda harus mencuci bersih ikan yang Anda punya. Hilangkan bagian jeroan pada perut ikan. Kemudian, beri garam pada rongga tersebut. Bubuhkan secara merata ke bagian ikan yang lainnya.

Jika sudah, diamkan ikan selama kurang lebih satu jam. Langkah berikutnya adalah bilas ikan dengan bersih hingga garam-garam ikut larut dan tidak terdapat pada ikan lagi. Garam digunakan karena memiliki sifat mengikat, termasuk mengikat bau lumpur yang ada pada ikan.

Bubuhkan jeruk atau lemon

Cara ini sudah banyak digunakan. Jeruk atau lemon dipercaya bisa mengurangi bau lumpur yang terdapat pada ikan. Jeruk atau lemon keduanya memiliki manfaat yang sama. Anda hanya perlu menggunakan salah satunya sesuai selera.

Untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan dengan menggunakan jeruk atau lemon cukup mudah. Pertama, siapkan ikan dan jeruk atau lemon. Belah jeruk tersebut hingga bisa diperas. Pastikan ikan sudah dibersihkan dan dihilangkan bagian jeroannya. Selanjutnya, sayat bagian badan ikan di kedua sisinya.

Peras jeruk di atas sisi-sisi ikan yang sudah disayat. Ratakan dengan tangan dan diamkan selama kurang lebih dua jam. Jika sudah, bilas hingga bersih agar tidak ada rasa asam dan bau jeruk yang tertinggal.

Gunakan cuka

Selain lemon atau jeruk, zat asam lainnya yang bisa Anda gunakan adalah cuka. Cuka dapur ini bisa ditemui di toko perlengkapan memasak. Cara penggunaannya adalah dengan menyayat bagian ikan seperti saat penggunaan jeruk atau lemon.

Baca Juga:  Olahan Biji Nangka yang Tak Kalah Nikmat

Ikan kemudian diberikan cuka di kedua sisinya. Jika sudah, ikan didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Ikan kemudian dibilas agar rasa dan aroma cuka hilang pada ikan.

Berikan rempah-rempah

Cara ini merupakan cara yang cukup tradisional dan biasa digunakan dalam pembuatan olahan ikan pada resep-resep tradisonal. Penambahan ini bisa dilakukan dengan beberapa jenis rempah. Rempah yang paling umum digunakan untuk menghilangkan bau lumpur adalah jahe atau kunyit.

Jika Anda tertarik menggunakan rempah, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghaluskan jahe atau kunyit tersebut. Jika sudah, rempah dibalurkan ke sekujur tubuh ikan. Anda juga bisa menambahkan garam. Tunggu hingga kurang lebih 30 menit. Sebelum diolah lebih lanjut, ikan harus dibilas dengan air terlebih dahulu hingga bersih.

Loading...