Hasil Panen dan Sentra Produksi Jambu Air di Indonesia

Pertanianku – Tanaman jambu mulai berbunga umur 1—3 tahun setelah tanam, tergantung macam bibit (cangkok, okulasi, atau biji). Buah dapat dipanen setelah umur tiga bulan sejak bunga mekar (anthesis). Buah dipanen saat warnanya merah, hijau tua, putih bersih, dan lainnya tergantung varietas (jenis) jambunya.

jambu air 5

Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai tandan secara pelan-pelan karena buah mudah rontoh (gugur). Buah dibersihkan dari semut yang mungkin ada menempel pada sela-sela buah. Buah tersebut kemudian dibawa ke pembeli atau dijual ke pasar. Umumnya jambu air hanya untuk konsumsi pasar local (dalam negeri).

Buah jambu air umumnya hanya sebagai buah segar, untuk rujak, asinan, dan untuk menghilangkan rasa haus (dahaga). Pohonnya tidak mempunyai nilai ekonomi. Kayunya hanya digunakan sebagai kayu bakar. Di Bogor, nilai ekonomi jambu air meningkat karena sering dipakai sebagai buah asinan dan rujak.

Produksi jambu air Indonesia pada tahun 2010, 2011, dan 2012 berturut-turut mencapai 85.973 ton, 103.156 ton, dan 102.542 ton. Sentra produksi jambu air tidak jelas, terutama di Jawa. Hampir di setiap pekarangan rumah di Jawa terdapat pohon jambu air.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Keunggulan Lengkeng Matalada Dibandingkan Lengkeng Dataran Rendah Lainnya

loading...