Hasil Panen dan Sentra Produksi Jambu Batu di Indonesia


Pertanianku – Buah jambu biji dipanen setelah tua penuh sampai berwarna kekuningan (matang). Pemanenan dilakukan secara selektif. Produksi buah jambu antara 3—25 ton/tahun tergantung umur tanaman.

Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman Jambu

Produksi jambu biji Indonesia pada tahun 2010, 2011, dan 2012 berturut-turut mencapai 204.551 ton, 211.836 ton, dan 206.509 ton. Buah jambu biji disajikan sebagai buah meja. Buahnya yang masih mengkal dibuat manisan dan yang setengah matang disetup (dikukus), dibuat dodol. Buah yang sudah matang dapat dibuat jus.

Buah matang pohon aromanya sangat menonjol, khas jambu biji. Buah jambu biji matang baik dibuat jeli. Kini, jenis jambu biji terutama yang berwarna merah, baik sekali untuk pengobatan penyakit demam berdarah (dapat meningkatkan kadar darah trombosit). Kini, buah jambu biji sudah diolah sebagai minuman segar, dijual di toko-toko dan supermarket.

Sentra produksi jambu biji  sebagai berikut. DKI: Jakarta Selatan, Bekasi, dan lain-lain. Jawa Barat: Bogor, Jasinga, dan lain-lain. Jawa Tengah: Kudus, Jepara, Purworejo, dan lain-lain. DIY: Wonogiri, Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo, dan lain-lain. NTB: Lombok Barat.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Neraca Perdagangan Sektor Pertanian Tumbuh Hingga 70 Persen
loading...
loading...