Hasil Panen dan Sentra Produksi Mangga di Indonesia


Pertanianku – Buah mangga dipanen setelah tua benar. Cirinya, bagian pangkal buah telah membengkak rata dan warnanya mulai menguning. Pemungutan buah yang belum tua benar menyebabkan rasanya agak asam dan kelat (mutu rendah). Umur buah dipanen kira-kira 4—5 bulan (110—150 hari) sejak bunga mekar (anthesis). Pemetikan harus hati-hati, tidak boleh jatuh, dan getahnya tidak boleh mengenai buah mangga tersebut.

mangga 6Produksi buah mangga antara 25—1.000 buah/pohon tergantung varietas, tempat bertanam, dan kondisi iklim. Umumnya, tanaman mangga berbunga pada bulan Juli—Agustus. Buah matang dapat dipanen pada bulan September—Desember. Buah harus dibersihkan dari kutu, jelaga, dan getah yang menempel.

Produksi mangga di Indonesia sebagian besar masih untuk konsumsi buah segar dalam negeri (domestik). Produsen mangga tersebar di negara ASEAN adalah Indonesia. Produksi mangga di Indonesia pada tahun 2010, 2011, dan 2012 berturutturut adalah 1.287.287 ton, 2.131.139 ton, dan 2.362.046 ton. Namun, dari jumlah tersebut yang memenuhi syarat pasar swalayan masih kurang dari 20%. Produksi buah mangga terus meningkat dari tahun ke tahun (Tabel 1). Negara tujuan ekspor buah mangga segar dari Indonesia, yaitu Taiwan, Singapura, dan Hongkong. Mangga gedong gincu lebih banyak diekspor ke Jepang dan negara-negara Timur Tengah. Volume ekspor mangga ke luar negeri mencapai 1.626 ton.

Sentra produksi mangga di Indonesia sebagai berikut.

  1. Jawa Barat: Indramayu, Cirebon, Plumbon, dan Majalengka.
  2. Jawa Tengah: Tegal, Pekalongan, Kudus, pati, Magelang, Boyolali, Karanganyar.
  3. Daerah Istimewa Yogyakarta: Gamping, Mayudan, Samigaluh, Nanggulan, Wates, Sentolo.
  4. Jawa Timur: Pasuruan, Probolinggo, Nganjuk, Pamekasan.
  5. Sumatera Utara: Binjai, Rantau Prapat.
  6. Sumatera Barat: Kacang, Terusan, Tiakar.
  7. Sulawesi Selatan: Poso, Goa, Sinjai.
  8. Maluku: Maluku Tengah.
  9. Nusa Tenggara Barat: Narmada, Barabuli, Pancor, Dompu.
  10. Nusa Tenggara Timur: Kupang.
Baca Juga:  Tips Menanam Jeruk Madu di Perkarangan Rumah

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah