Hasil Panen Food Estate di Sumatera Utara Akan Dijual Melalui KUB

Pertanianku — Kawasan komoditas hortikultura Food Estate Humbang Hasundutan, Sumatera Utara mulai memasuki masa panen. Bawang merah dipanen pada awal Maret, sedanhkan bawang putih diprediksi akan dipanen pada April 2021. Kementerian Pertanian sudah menyiapkan jalur pemasaran penjualan untuk hasil panen di Food Estate Humbang Hasundutan melalui mekanisme Kelompok Usaha Bersama (KUB).

food estate
foto: Pertanianku

Kelompok Usaha Bersama (KUB) merupakan kelembagaan korporasi atau usaha yang menjembatani petani dan pembeli. Lembaga tersebut menjadi wadah bagi petani dan manajemen pengelola food estate berbasis hortikultura.

Sistem ini dinilai mampu membantu petani memasarkan hasil panen sehingga petani tidak perlu bingung mencari pembeli. Selain itu, pembeli sudah dapat mengetahui jumlah pasokan komoditas tanpa perlu mencari satu-satu ke beberapa petani.

Sistem KUB juga dapat menjamin modal yang dibutuhkan oleh petani untuk musim tanam berikutnya.

“Iya benar, nanti untuk hasil panen akan diserahkan melalui KUB. KUB itulah yang akan berkomunikasi dengan off taker. Kami tinggal menerima hasil dari penjualan dengan menyisihkan keuntungan dan modal tanam berikutnya,” tutur Amintas Lumban Gaul, Ketua Kelompok Tani Ria Kerja seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Amintas berharap pemerintah dapat terus memberikan bantuan berupa pendampingan dan permodalan untuk mendukung perjuangan tanam petani di wilayah food estate.

“Kami ingat betul ini dari tanah yang belum pernah diolah sama sekali, lalu jadi pertanaman seperti ini. Kami sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan. Tanpa bantuan pemerintah, bahkan lahan satu hekatare pun kami tidak sanggup. Semoga ini masih terus berlangsung, kami terus didampingi,” pungkas Amintas.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan sering menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo akan memberikan perhatian yang sangat besar kepada program food estate.

“Program food estate ini diluncurkan untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Presiden juga mengintruksikan agar pembangunan food estate di Humbang Hasundutan dan Kalimantan selesai tahun ini,” ujar Syahrul seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Saat ini komoditas bawang merah di lahan Kelompok Tani Ria Kerja sudah mulai memasuki musim panen perdana. Total ada 43 hektare lahan yang akan dipanen.

Baca Juga:  Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Stok Panen Lemon yang Mulai Menumpuk di Gudang

loading...