Hasilkan Buah Lebih Cepat, Pohon-pohon Ini Bisa Dicangkok

Pertanianku — Beragam jenis tanaman buah biasa dibudidayakan dengan berbagai cara. Mulai dari ditanam langsung dari bijinya, hingga cara cangkok digunakan agar menghasilkan buah kualitas unggul. Kelebihan lain dari cangkok selain mirip dengan induknya, juga bisa menghasilkan buah dalam jangka waktu lebih cepat. Berikut ini tanaman buah yang bisa dicangkok.

jenis tanaman buah
Foto: pixabay

Pohon sawo

Pohon sawo dikenal sebagai tanaman yang berumur panjang. Buah yang dihasilkan pun manis dan legit, serta banyak dicari untuk dikonsumsi secara langsung. Pencangkokan sawo dilakukan untuk mempersingkat masa panen buah sawo. Buah ini selain lezat, juga memiliki banyak kandungan kesehatan, mulai dari membantu mengatasi wasir hingga menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Loading...

Pohon rambutan

Buah unik ini dikenal memiliki rasa manis dan tekstur yang berair. Jika ditanam dari bijinya, pohon rambutan biasaya baru akan berbuah setelah 7 tahun pascapenanaman tersebut. Oleh karena itu, pencangkokan pohon rambutan menjadi solusi agar rambutan bisa dipanen dengan lebih singkat. Selain itu, bunga dan buah yang dihasilkan akan lebih banyak jika ditanam dengan cara dicangkok.

Pohon avokad

Selain dua tanaman buah tersebut, pohon avokad juga merupakan pohon berbuah yang sering dicangkok. Tanaman asal Meksiko ini biasa dicangkok. Sebab, jika ditanam dari biji, akan membutuhkan waktu yang lama hingga menghasilkan buah. Padahal, buah avokad sangat diminati karena kandungan nutrisi dan digunakan sebagai bahan baku banyak olahan masakan. Selain itu, avokad juga dimanfaatkan di dunia kecantikan.

Pohon mangga

Bukan rahasia lagi bila pohon mangga hasil pencangkokan diminati oleh pembudidaya. Buah mangga yang dihasilkan pohon hasil cangkok memiliki rasa yang sama dari induknya. Induk yang digunakan pun berkualitas unggul sehingga pohon mangga anakan bisa menghasilkan buah mangga berkualitas. Mulai dari mangga arumanis, mangga avokad, hingga mangga manalagi sering dibudidayakan dengan cara ini.

Baca Juga:  Manfaat Bubur California bagi Tanaman Jeruk

Pohon jambu air

Tanaman jambu air juga tak kalah sering dibudidayakan dengan cara dicangkok. Jambu air yang dihasilkan pun akan lebih cepat dari pohon yang dicangkok ini. Jambu yang dikenal sebagai jambu bol ini digemari karena rasanya dan khasiatnya bagi tubuh. Jambu air bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah osteoporosis.

Loading...
Loading...