Hati-hati! BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Hari Ini

Pertanianku — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini, Senin (8/4/2019). Melansir laman resmi bmkg.go.id, cuaca ektrem tersebut merupakan dampak Siklon tropis WALLACE di Samudra Hindia selatan NTB.

cuaca ekstrem
Foto: Pixabay

Siklon tropis WALLACE yang menjadi asal peringatan dari BMKG berlangsung dengan kecepatan angin Maksimum 50 knots, arah gerak barat memberikan dampak berupa pembetukan daerah konvergensi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Laut Banda, dan Perairan Barat Aceh. Sementara itu wilayah belokan angin, yakni di Riau, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat.

Siklonik terpantau di Utara Papua (level 925/700), Selat Karimata (level 925/700), dan Perairan Utara Australia (level 925/700). Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka ketahuilah berikut beberapa wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Senin (8/4/2019).

Loading...

Wilayah yang berpotensi hujan lebat meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kecang, kilat/petir meliputi Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, dan Papua Barat.

Baca Juga:  KKP Siapkan Beberapa Strategi untuk Mencegah Penyakit AHPND pada Udang
Loading...
Loading...