Hati-hati! Ini Dia Risiko Makan Buah Durian


Pertanianku — Sudah tahukah Anda mengenai risiko makan buah durian? Makan durian bisa berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak cerita tentang orang yang meninggal setelah makan durian. Bahkan, Kementerian Kesehatan Thailand memperingatkan masyarakat untuk tidak pernah memakan lebih dari dua porsi durian per hari.

risiko makan buah durian
Foto: Google Image

Isi durian terutama memberikan efek pada tingkat kalori. Setiap 100 gram durian memiliki sekitar 120—180 kalori. Satu buah durian dengan daging seberat 500 gram mengandung 600—900 kalori.

Jika Anda makan empat potong durian itu, tubuh Anda akan mendapatkan ledakan energi instan sebanyak 2.400—3.600 kalori, jauh melebihi kebutuhan rata-rata harian.

Oleh karena itu, jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, Anda harus berhati-hati ketika makan durian. Ibu hamil juga tidak boleh makan durian terlalu banyak.

Kandungan sulfur (belerang) dari durian ini juga diketahui menghambat metabolisme alkohol. Makan durian bersama-sama dengan alkohol sangat berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Menurut penelitian, ekstrak durian menghambat aktivitas dehidrogenase aldehid, enzim yang membersihkan pecahan produk beracun hingga 70 persen.

Beberapa orang percaya bahwa makan durian dengan kopi juga berbahaya. Namun, penelitian mengenai hal ini tampaknya tidak ada sehingga kebenarannya pun tidak diketahui.

Itu dia beberapa risiko makan durian dengan jumlah yang berlebihan, dan ternyata memang ada fakta ilmiahnya, maka sebaiknya Anda hindari.

Baca Juga:  Khasiat Minyak Jagung Bisa Turunkan Kolesterol