Hati-hati, Kandang yang Kotor Bisa Menyebabkan Mata Ayam Buta

Pertanianku —  Kebersihan kandang ayam harus dijaga selama masa proses pemeliharaan. Kandang yang kotor bisa menyebabkan penyakit dan mengundang lalat sebagai perantara penyakit. Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan akibat kandang yang kotor adalah mata ayam buta.

mata ayam buta
foto: Pertanianku

Mata ayam bisa mengalami kebutaan akibat kandungan ammonia di dalam kandang terlalu tinggi. Penyakit ini disebut dengan nama keratonjuctivis dan umumnya dialami oleh ayam yang dipelihara dengan kandang litter.

Penumpukan kotoran ayam yang tidak dibersihkan dapat memicu timbulnya gas ammonia. Gas ammonia bisa membuat mata ayam pedas sehingga ayam menjadi lebih sering memejamkan mata dan mengeluarkan air. Kebiasaan ini dapat berakibat fatal apabila tidak segera ditangani penyebabnya.

Tingkat kelembapan litter di dalam kandang sangat rawan mengalami kenaikan akibat kotoran menumpuk yang tidak kunjung dibersihkan. Selain itu, terkadang ayam suka sembarangan saat minum atau makan sehingga menyebabkan litter basah dan kotor.

Kondisi tersebut semakin diperparah ketika sirkulasi udara di dalam kandang tidak berjalan dengan baik karena sistem ventilasi di dalam kandang yang tidak berfungsi. Akibatnya, ammonia tidak bisa keluar dan oksigen kesulitan untuk masuk ke kandang.

Jika kondisi tersebut berlangsung dalam jangka waktu lama, mata ayam bisa buta. Kebutaan bisa semakin diperparah ketika kualitas pakan yang diberikan tidak bagus karena kekurangan vitamin A.

Satu-satunya jalan untuk mengatasi penyakit tersebut adalah memperbaiki sanitasi kandang. Bersihkan kotoran di dalam kandang secara rutin. Ganti litter di dalam kandang secara rutin untuk mencegah kelembapan litter di dalam kandang terlalu tinggi.

Peternak bisa menggunakan Starbio sebanyak 0,25 kg yang dicampur ke dalam 100 kg pakan ayam. Pakan tersebut dapat menstimulasi sistem pencernaan ayam sehingga kotoran yang dihasilkan dapat mudah kering dan tidak mengeluarkan bau serta polusi.

Baca Juga:  Teknik Perawatan Kelinci Bunting yang Benar

Atur sistem sirkulasi udara di dalam kandang agar bisa berjalan dengan lancar. Perbaiki ventilasi di dalam kandang yang merupakan jalur keluar-masuk udara dan ammonia di dalam kandang.

 

 

 

 


loading...