Hati-Hati Menyentuh Bagian-Bagian Ini pada Tubuh Kucing

Pertanianku — Kegiatan bermain bersama hewan peliharaan di rumah adalah hal yang menyenangkan. Bermain dapat membangun ikatan emosional antara pemilik dan hewan peliharaannya. Aktivitas antara pemilik dan hewan peliharaan dapat menggunakan alat bantu, seperti bola, tongkat (kayu), benang, senter, dan alat lainnya. Tak jarang aktivitas ini juga melibatkan sentuhan langsung pada tubuh hewan peliharaan.

Hati-Hati Menyentuh Bagian-Bagian Ini pada Tubuh Kucing

Sentuhan langsung pada hewan peliharaan tidak boleh sembarangan dilakukan. Pada beberapa hewan peliharaan yang umum, seperti kucing, anjing, sugar glider, kelinci, musang, hamster, dan landak mini, sentuhan yang sembarangan dilakukan dapat mengakibatkan hewan-hewan tersebut menjadi agresif dan menyerang pemiliknya. Tentu, kita tidak mau hal itu terjadi.

Loading...

Pada kucing, ada beberapa bagian yang tidak boleh dipegang atau disentuh manusia. Bagian-bagian tersebut antara lain kaki, perut, dan ekor. Berikut penjelasannya masing-masing.

  • Kaki

Kucing tidak menyukai kakinya dipegang, terutama kaki depan. Menyentuh atau mengangkat salah satu kaki depan kucing akan membuatnya tidak nyaman. Bahkan, kucing akan merasa terancam jika kita melakukan hal tersebut. Namun, jika Anda mau menyentuh kaki kucing, sentuhlah kedua kakinya bersamaan. Elus kedua kaki depan kucing dengan lembut agar ia merasa nyaman.

  • Perut

Kucing sangat tidak menyukai manusia memegang perutnya. Menggelitik bagian perut kucing saat mereka tidur sebaiknya tidak dilakukan. Kucing akan berusaha menggigit tangan yang menyentuh perutnya.

  • Badan bagian belakang

Badan bagian belakang termasuk paha bukan area yang nyaman bagi kucing untuk disentuh. Saat manusia menyentuh area tersebut, kaki belakang kucing secara refleks akan menyingkirkan (menendang).

  • Ekor

Kucing tidak menyukai ekornya disentuh atau dipegang. Bagi kucing, ekor adalah bagian tubuh yang mengekspresikan perasaannya. Sama seperti halnya dengan anjing. Menyentuh ekor atau bahkan memegangnya dengan erat akan membuat kucing merasa terancam. Jika hal itu nekat dilakukan, kucing serta merta akan menyerang (menggigit).

  • Kaki belakang
Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Sama halnya dengan badan bagian belakang, kucing sangat tidak menyenangi manusia memegang kaki belakangnya. Bagi kucing, memegang kaki belakang adalah ancaman.

Itulah bagian-bagian tubuh kucing yang sebaiknya dihindari untuk disentuh atau dipegang. Sebagaimana makhluk hidup lainnya, rasa tidak nyaman akibat kita salah memegang bagian tubuh kucing akan membuatnya mudah stres.

Loading...
Loading...