Mau Hemat Biaya Pakan Ayam? Coba Manfaatkan Tanaman Ini


PertaniankuAzolla microphylla adalah tanaman air yang memiliki protein cukup tinggi, tanaman ini merupakan solusi pakan alternatif untuk menghemat biaya pakan ayam. Kemanjuran Azolla microphylla ini telah terbukti pada budidaya lele, ternyata ia juga sangat berguna dan dapat diaplikasikan dalam ternak ayam.

Biaya Pakan Ayam
Foto: Google Image

Ya, meskipun belum ada pengujian secara ilmiah, ternyata beberapa peternak ayam meyakini kemampuan azolla dalam meningkatkan produksi telur ayam kampung sekaligus mampu menekan biaya pakan.

Hasil yang didapatkan dengan menggunakan pakan ayam alternatif berbahan azolla ini ternyata sangat bagus. Pertumbuhan ayam sangat baik dan jumlah telur yang dihasilkan juga selayak peternak yang memberi pakan yang diproduksi pabrik.

Nah, bagi Anda peternak ayam yang ingin mengaplikasikan pakan berbahan azolla ini, bahan yang Anda perlukan di antaranya Azolla microphylla, beras dolog atau beras aking, dedak, dan tepung tulang atau tepung cangkang kerang. Sementara cara mengolahnya sebagai berikut.

Ambil Azolla micropylla dari kolam. Dedak dan beras ataupun tepung ikan dicampur menjadi satu dan berikan secara terpisah dengan Azolla microphylla. Untuk perbandingan bahan-bahan tersebut, berikan Azolla microphylla sebanyak 70 persen. Berikan pakan dengan bahan-bahan lain seperti dedak beras dan tepung ikan sebanyak 30 persen.

Tantangan dari pakan alternatif ini, yaitu sulitnya mengadaptasikan ayam dengan pakan ini pada fase awal, tetapi ini hanya terjadi beberapa hari. Solusinya, dapat lakukan penyesuaian paksa ayam kampung tersebut untuk memakan pakan ini. Tak perlu takut ayam akan mati kelaparan. Ini karena ketika mereka lapar, mereka akan memakan pakan alternatif ini.

Baca Juga:  Dugaan Penyebab Belasan Kambing Mati Misterius di Gunungkidul