Herbal Darurat Saat Banjir, Yuk Simak!


Pertanianku — Banjir biasa terjadi di beberapa daerah di Indonesia terutama saat musim penghujan. Berbagai penyakit pun mulai mengintai korban banjir. Terkadang, bantuan obat-obatan terlambat datang. Namun jangan khawatir, sebenarnya Anda bisa menggunakan herbal darurat saat banjir untuk mengatasi penyakit yang menyerang.

herbal darurat saat banjir
Foto: Pixabay

Berikut ini ada beberapa jenis tumbuhan obat dari yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh banjir.

  1. Buah jambu biji merah (Psidium guajava)

Buah jambu biji merah mengandung likopena dan vitamin C tinggi sehingga mempunyai efek sebagai anti-oksidan dan mempercepat penyembuhan penyakit.

  1. Daun jambu biji (Psidium guajava)

Daun jambu biji berguna sebagai astringen/pengelat (mengerutkan selaput lendir usus sehingga dapat mengurangi pengeluaran cairan), antidiare, antiradang, serta antivirus.

  1. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Sambiloto berguna sebagai antiradang, antibakteri, penawar racun, menurunkan panas, menghilangkan sakit, dan merangsang phagocytosis. Di samping itu, herbal ini juga berkhasiat mengatasi diare, influenza, tifus, demam, batuk, dan lain-lain.

  1. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe sangat berguna sebagai antiradang, berkhasiat mengatasi influenza, batuk, bronkitis, diare, disentri, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

  1. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Temulawak adalah herbal darurat yang berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, dan tonikum. Berkhasiat mengatasi diare, disentri, gangguan pencernaan, demam, flu, dan lain-lain.

  1. Kunyit (Curcuma longa)

Kunyit merupakan salah satu herbal darurat yang mudah ditemui dan berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, dan astringen/pengelat. Berkhasiat mengatasi diare, disentri, radang usus, influenza/flu, dan lain-lain.

  1. Bawang putih (Allium cepa L.)

Salah satu bumbu dapur yang sering digunakan ini dapat berfungsi sebagai antibiotik, antiseptik, membersihkan racun, dan sebagai peluruh dahak. Berkhasiat untuk menyembuhkan influenza, batuk, bronkitis, diare, disentri, dan lain-lain.

  1. Krokot (Portulaca oleracea)

Krokot dapat berfungsi sebagai antitoksik (penawar racun), antiradang, menghilangkan panas, melancarkan sirkulasi, dan lain-lain.

  1. Rumput lidah ular (Hedyotis diffusa)

Tanaman ini berfungsi sebagai antiradang, menghilangkan panas dan racun/toksin, mengaktifkan sirkulasi darah, dan lain-lain.

  1. Patikan kebo (Euphorbia hirta)

Patikan kebo sangat berguna sebagai antiradang, antidiare, disentri, berkhasiat mengatasi radang usus, typhus abdominalis, bronkitis, dan lain-lain.

Baca Juga:  Informasi Keliru Soal Manfaat Bawang Putih