Hewan-hewan dengan Cara Tidur Tidak Biasa

Pertanianku — Aneka hewan dan satwa yang ada di dunia memiliki keunikan masing-masing. Mulai dari bentuk, ukuran, corak, hingga pola hidup. Tidak terkecuali dengan cara tidur hewan-hewan berikut yang tergolong tidak biasa. Apakah Anda sudah mengetahuinya?

hewan

Jerapah

Loading...

Leher panjang jerapah sedikit menyulitkan hewan ini saat hendak tidur untuk beristirahat. Faktanya, jerapah hanya membutuhkan waktu tidur selama 30 menit dalam sehari. Sangat singkat bukan? Mereka akan tidur dengan melipat lehernya yang panjang dan bertumpu pada bagian belakang tubuhnya. Posisi ini sangat siap untuk mengantisipasi bahaya yang tiba-tiba.

Walrus

Hewan unik ini bisa tidur di dua tempat berbeda, air ataupun darat. Ketika tidur di dua lokasi tersebut, walrus memiliki posisi tidur yang juga berbeda. Di air, mereka akan tidur mengapung dengan bagian kepala terletak di permukaan air. Tujuannya, untuk mengisi kantong faring dengan udara. Kantung ini sendiri terletak di kedua sisi kerongkongan walrus.

Kuda

Sama seperti mamalia darat lainnya, kuda biasanya tidur dalam keadaan duduk. Namun, kuda juga bisa memosisikan diri untuk tidur dalam kondisi berdiri. Cara tidur ini mereka lakukan agar lebih mudah melarikan diri saat ada bahaya. Agar tidak terjatuh, kuda akan ‘mengunci’ anggota tubuh mereka di suatu tempat.

Simpanse

Mamalia yang satu ini merupakan salah satu hewan paling cerdas yang ada di bumi. Mereka membangun sarang yang nyaman dan meletakkannya di atas pohon. Sarang ini terbuat dari tumpukan dahan dan daun. Agar tidak terancam oleh pemangsa, simpanse memilih pohon yang paling kokoh untuk meletakkan sarang mereka.

Bebek

Apakah Anda mengetahui cara tidur hewan ternak yang satu ini? Bebek akan tidur dengan cara berkelompok. Tujuannya, memastikan kawanannya tetap dalam keadaan aman. Mereka akan tidur berdampingan. Bebek yang berada di posisi terluar dari kawanan ini akan tidur dengan satu mata terbuka. Bebek inilah yang bertugas mengawasi keadaan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Penyakit pada Burung Anis Merah

Kelelawar

Barangkali Anda sudah mengetahui cara tidur hewan mamalia yang satu ini. Kelelawar dapat tidur dengan cara menggantungkan badannya secara terbalik. Mereka tidak akan jatuh karena cakar mereka dapat menahan dengan kuat. Selain itu, posisi tidur ini memungkinkan mereka langsung terbang dan kabur jika terjadi bahaya.

Loading...
Loading...