Hewan Langka Ini Terancam Punah dalam Hitungan Bulan

Pertanianku — Para peneliti secara resmi mengumumkan bahwa jenis hewan langka bernama vaquita, kini hanya tersisa sekitar 22 ekor di bumi. Pernyataan tersebut dinyatakan pada 13 Maret 2019 lalu. Vaquita merupakan hewan terkecil dari ordo binatang Cetaceans yang berisi paus, lumba-lumba, dan porpoise. Ia tinggal di sekitar wilayah perairan Meksiko yang dikenal dengan Teluk California.

hewan langka
Foto: Google Image

Dalam laporan terbarunya, International Committee for the Recovery of the Vaquita (CIRVA), meminta masyarakat untuk mengambil aksi menyelamatkan spesies ini dari kepunahan.

Menurut CIRVA, jika tidak ada aksi yang dilakukan, vaquita akan punah dalam kurun waktu beberapa tahun—bahkan beberapa bulan. Salah satu faktor penyebab berkurangnya jumlah vaquita adalah karena ada jenis ikan lain, yakni totoaba, yang satu habitat dengan vaquita.

Loading...

Diketahui bahwa ikan totoaba sering ditangkap secara ilegal menggunakan jaring insang (gill net), setelah itu mereka akan dijual ke pasar gelap. Ini karena harga ikan totoaba bisa mencapai puluhan ribu dolar, mengingat kandung kemihnya memiliki nilai jual tinggi karena dipercaya berkhasiat dalam pengobatan.

Akibat penangkapan totoaba menggunakan gill net, vaquita pun sering menjadi korban karena ikut tersangkut dalam jaring.

Pemerintah Meksiko telah melakukan beberapa cara utuk mencegah terjadinya kepunahan. Salah satunya, dengan membuat area pengungsian vaquita. Namun, hal tersebut akan menjadi sia-sia jika penangkapan ikan secara ilegal tidak berkurang.

Pada 12 Maret 2019, seekor vaquita ditemukan tertangkap dalam sebuah jaring di kawasan yang seharusnya menjadi kawasan perlindungan vaquita.

Loading...
Loading...